Menu Close

Workshop Penyusunan KTSP Kurikulum 2013 Pendidikan Kesetaraan SPNF Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) Kota Yogyakarta

Yogyakarta (03/12/2020) UPT SPNF Sanggar Kegiatan Belajar (SKB) Kota Yogyakarta, melaksanakan Workshop Penyusunan KTSP Kurikulum 2013 Pendidikan Kesetaraan secara luring. Dalam rangka meningkatkan pemahaman para tutor, baik tutor Paket A, Paket B dan Paket C SPNF SKB Kota Yogyakarta tentang pelaksanaan pembelajaran Kurikulum 2013.

Workshop menghadirkan narasumber Drs. Fauzi Eko Pranyono dan Eko Ady Saputra, S.Pd. Workshop dibuka oleh Sudijarto, M.Pd., Kepala SPNF SKB Kota Yogyakarta, Kepala SPNF SKB Kota Yogyakarta menyampaikan, penyusunan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) Kurikulum 2013 perlu dilakukan oleh semua satuan pendidikan formal maupun non formal, pada tiap awal tahun ajaran baru. KTSP juga sebagai salah satu bahan utama penilaian akreditasi lembaga atau satuan pendidikan.

Nia Dianti, SIP., M.Ec.Dev,. MA., ketua panitia penyelenggara menjelaskan, workshop penyusunan Kurikulum 2013 Pendidikan Kesetaraan dilaksanakan tanggal 2-4 Desember 2020. Para tutor mendapatkan pengetahuan lebih mendalam dan pengalaman melalui praktek menyusun silabus, program tahunan, program semester, dan RPP masing-masing mata pelajaran  sesuia yang diampu. Setelah beberapa waktu lalu, sebagian tutor telah mengikuti workshop Kurikulum 2013 Pendidikan Kesetaraan secara daring.

Drs. Fauzi Eko Pranyono memaparkan KTSP sebagai kurikulum operasional yang disusun oleh satuan pendidikan, dikembangkan dan ditetapkan oleh satuan pendidikan. Dibahas setiap tahun dalam sebuah lokakarya dalam rangka peninjauan kurikulum secara berkala. Dokumen satu memuat profil satuan pendidikan, visi misi dan rencana strategis satuan pendidikan, struktur dan muatan kurikulum, pedoman akademik, dan evaluasi pelaksanaan kurikulum. Dokumen dua dan dokumen tiga meliputi perangkat pembelajaran termasuk program tahunan, program semester, silabus, dan Rencana Pelaksanaan pembelajaran (RPP).

Ika Sulastri salah satu peserta mengatakan, dengan mengikuti workshop banyak manfaat tambahan ilmu dan wawasan, serta lebih membukakan hati dan pikiran bahwa sebenarnya KTSP dan Kurikulum 2013 sangat penting untuk pegangan tutor dalam merancang pembelajaran dari perencanaan, pelaksanaan, monitoring, dan evaluasi pembelajaran.

Pewarta: Sabatina Rukmi Widiasih

Posted in Berita