Menu Close

Webinar Pendidikan Berbasis Budaya: Urgensi Layanan Pendidikan Budaya Bagi Anak Usia Dini

Yogyakarta (18/12/2020) Implementasi Pendidikan Berbasis Budaya Bagi Anak Usia Dini di Satuan PAUD menjadi tema dalam gelaran webinar yang diselenggarakan oleh BP PAUD dan Dikmas DIY, Jumat (18/12). Tema webinar kali ini menarik 500 peserta untuk bergabung melalui Zoom serta siaran langsung melalui Youtube BP PAUD dan Dikmas DIY. Narasumber yang akan membahas tema webinar kali ini adalah GKBRAA Paku Alam selaku Ketua POKJA PAUD DIY, Ki Sutikno selaku Budayawan dan Praktisi Pendidikan, Drs. Eko Sumardi, M.Pd selaku Kepala BP PAUD dan Dikmas DIY serta Siti Nurakhmaliyah, S.Pd dari HIMPAUDI DIY. Adapun Y. Lilik Subiyanto, M.Hum. selaku Pamong Belajar BP PAUD dan Dikmas DIY menjadi moderator dalam webinar kali ini.

Sambutan serta pembukaan dari Kepala BP PAUD dan Dikmas DIY, Drs. Eko Sumardi, M.Pd

Webinar diawali dengan sambutan serta pembukaan dari Drs. Eko Sumardi, M.Pd. Dalam sambutannya Drs. Eko Sumardi, M.Pd menyampaikan bahwa budaya merupakan salah satu asal usul sebuah peradaban. Indonesia sendiri memiliki beragam budaya, mulai dari Sabang hingga Merauke. “Sehingga budaya ini harus kita ajarkan kepada anak sejak dini agar budaya ini tidak hilang,” tambahnya.

Pemaparan materi dari GKBRAA Paku Alam

Kegiatan dilanjutkan dengan sesi paparan narasumber setelah pembukaan dari Drs. Eko Sumardi, M.Pd. Sesi pertama diisi dengan paparan dari GKBRAA Paku Alam. Kali ini GKBRAA Paku Alam memaparkan materi tentang Urgensi Layanan Pendidikan Budaya Bagi Anak Usia Dini. Selanjutnya pada sesi kedua Ki Sutikno memaparkan tentang Internalisasi Bahasa dan Budaya Jawa dalam Pembelajaran Bagi Anak Usia Dini. Setelah paparan dari Ki Sutikno, sesi selanjutnya adalah paparan dari Siti Nurakhmaliyah, S.Pd. Materi yang dipaparkan kali ini adalah Implementasi Pendidikan Berbasis Budaya Bagi Anak Usia Dini.

Setelah sesi paparan narasumber selesai, dilanjutkan dengan sesi diskusi. Pada sesi ini peserta begitu antusias dengan banyaknya pertanyaan yang diajukan ke masing-masing narasumber.

Pewarta: Gita Kurnia Graha

Posted in Berita