Menu Close

Webinar Nasional Penguatan Karakter Untuk Anak Usia Dini

Yogyakarta (8/12/2020) BP PAUD dan Dikmas DIY menyelenggarakan Webinar Nasional dengan tema “Strategi Penguatan Karakter Anak Usia Dini pada Masa Merdeka Belajar”, Selasa (8/12). Narasumber dalam webinar kali ini adalah Ir. Hendarman, M.Sc., Ph.D., selaku Kepala Pusat Penguatan Karakter, Dr. Praptono, M.Ed., selaku Direktur Pendidikan Profesi dan Pembinaan GTK serta Nuwuningsih, M.Pd., selaku Kepala Kelompok Bermain Srawung Bocah Kasihan Bantul. Ada pula sambutan dari Kepala BP PAUD dan Dikmas DIY, Drs. Eko Sumardi, M.Pd. Sebanyak 1.100 peserta mengikuti webinar melalui Zoom serta siaran langsung melalui Youtube BP PAUD dan Dikmas DIY. Kegiatan dipandu oleh Y. Lilik Subiyanto, M.Hum., selaku Pamong Belajar BP PAUD dan Dikmas DIY.

Webinar diawali dengan sambutan dari Kepala BP PAUD dan Dikmas DIY, Drs. Eko Sumardi, M.Pd. Dalam sambutannya, Drs. Eko Sumardi, M.Pd memaparkan tentang pengembangan karakter yang merupakan salah satu dari empat program utama pemerintah. Karakter menjadi salah satu program utama yang telah dicanangkan oleh pemerintah. “Mengapa harus karakter, karena karakter ini merupakan perilaku, sikap, yang menjadi dasar setiap orang agar mereka nanti sukses dalam kehidupannya,” jelasnya. Oleh karena itu, sejak usia dini karakter harus dikawal dan diberikan agar nanti dapat tumbuh dan berkembang dengan baik.

Setelah sambutan serta dibuka resmi oleh Drs. Eko Sumardi, M.Pd, webinar dilanjutkan dengan paparan dari Ir. Hendarman, M.Sc., Ph.D., selaku Kepala Pusat Penguatan Karakter dengan judul “Profil Pelajar Pancasila: Panduan Penguatan Karakter”. Setelah paparan dari Ir. Hendarman, M.Sc., Ph.D., dilanjutkan dengan paparan narasumber berikutnya, yaitu Dr. Praptono, M.Ed., selaku Direktur Pendidikan Profesi dan Pembinaan GTK Kemdikbud. Materi yang dipaparkan adalah “Peran Guru dalam Penguatan Karakter pada Masa Merdeka Belajar”. Setelah narasumber kedua selesai menyampaikan paparannya, dilanjutkan dengan sesi paparan dari narasumber terakhir yaitu Nuwuningsih, M.Pd., selaku Kepala Kelompok Bermain Srawung Bocah Kasihan Bantul. Materi yang disampaikan pada sesi terakhir adalah “Implementasi Pendidikan Karakter Melalui Konsep Pendidikan Inklusif dengan Metode PKPM di KB Inklusi Srawung Bocah”.

Setelah masing-masing narasumber memaparkan materinya, dilanjutkan dengan sesi diskusi. Pada sesi ini peserta webinar diberikan kesempatan untuk bertanya kepada masing-masing narasumber berkaitan dengan materi maupun pengalaman yang dialami dilapangan.

Pewarta: Gita Kurnia Graha

Posted in Berita