Menu Close

Webinar “Mewujudkan Belajar dari Rumah yang Ramah Anak” Dihadiri Kak Seto Mulyadi

Yogyakarta (15/07/2020) BP PAUD dan Dikmas D.I. Yogyakarta kembali menyelenggarakan Webinar secara daring, Rabu (15/7). Webinar kali ini mengangkat tema “Mewujudkan Belajar dari Rumah yang Ramah Anak” yang diikuti oleh 1.612 peserta dari seluruh Indonesia. Narasumber dalam kegiatan kali ini adalah Drs. Eko Sumardi, M.Pd selaku Kepala BP PAUD dan Dikmas DIY, Seto Mulyadi selaku Ketua Lembaga Perlindungan Anak Indonesia, Yanti Sriyulianti selaku chairperson Perkumpulan Keluarga Peduli Pendidikan, serta Dr. Riana Mashar selaku Dosen Universitas Ahmad Dahlan. Webinar kali ini dimoderatori oleh Drs. Fauzi Eko Pranyono, selaku Pamong Belajar BP PAUD dan Dikmas DIY.

Webinar dimulai dan dibuka oleh Kepala BP PAUD dan Dikmas DIY, Drs. Eko Sumardi, M.Pd. Dalam sambutannya, Drs. Eko Sumardi, M.Pd menyampaikan bahwa pada masa pandemi kali ini banyak satuan pendidikan yang mengubah metode dalam pembelajarannya. Sebelumnya menggunakan metode tatap muka kali ini harus berubah dengan metode daring dari rumah masing-masing. “Mau tidak mau saat ini kita harus beralih dari tatap muka ke daring maupun luring jika dari satuan tidak menyediakan fasilitas lewat daring dengan luring kunjungan ke rumah,” tambahnya. Peran orang tua selama pembelajaran daring pun sangat penting. “Karena anak-anak PAUD ini ngga mungkin belajar dengan daring dengan sendiri dirumah, kita harus melibatkan orang tua,” jelasnya.

Sesi selanjutnya diisi dengan materi dari narasumber pertama yaitu Dr. Seto Mulyadi, atau Kak Seto. Materi yang disampaikan oleh Kak Seto berjudul “Mewujudkan Belajar dari Rumah yang Ramah Anak”. Kak Seto memulai materinya dengan menjelaskan pemahaman tentang anak. Kak Seto pun menekankan bahwa dunia anak adalah dunia bermain. “Sehingga nuansa belajar yang tetap dipandu dengan nuansa bermain yang menyenangkan adalah bagian dari strategi pembelajaran selama dirumah ini,” tambahnya. Kak Seto melanjutkan dengan memberikan contoh serta metode dalam mendampingi anak selama belajar dari rumah agar nyaman dan menyenangkan.

Materi selanjutnya diisi oleh Yanti Sriyulianti dengan judul “Kebijakan Sekolah Ramah Anak dan Praktik Baik Gembira Mewujudkan Merdeka Belajar dari Rumah yang Ramah Anak”. Dalam materinya, Yanti Sriyulianti menjelaskan tentang upaya dalam mewujudkan Sekolah Ramah Anak untuk memenuhi hak pendidikan anak. Sesi Ketiga diisi dengan materi yang disampaikan oleh Dr. Riana Mashar dengan judul “Pembelajaran Ramah Anak di Rumah”. Dr. Riana Mashar menjelaskan perbedaan paradigma belajar jaman dahulu dengan sekarang sehingga memunculkan prinsip pembelajaran yang ramah anak.

Setelah mendengarkan materi yang disampaikan oleh narasumber, dibuka sesi tanya jawab untuk peserta. Peserta juga dapat mengakses materi yang disampaikan narasumber pada tautan bit.ly/sertifikatwebinar15juli.

Pewarta: Gita Kurnia Graha

Posted in Berita