Menu Close

Webinar Kelas Orang Tua “Menumbuhkan Empati Pada Anak” hadirkan GKRBRAA Paku Alam

Yogyakarta (02/11/2020) Webinar Kelas Orang Tua Episode 7 yang dilaksanakan BP PAUD dan Dikmas DIY, Senin, (2/11) sedikit berbeda dengan episode sebelumnya, yaitu dihadiri oleh GKBRAA Paku Alam sebagai Keynote Speaker.  Adapun tema webinar adalah “Menumbuhkan Empati Pada Anak”. Selain itu, episode kali ini juga menghadirkan Risna Sundari, orang tua siswa di KBTKIT Bakti Insani Sleman dan Ade Fitri Rahmah, orang tua siswa di LPIT Al-Farabi Bantul sebagai narasumber orang tua serta Dra. Kis Rahayu, Pengelola PAUD Aisyiyah Nur Aini Kota Yogyakarta sebagai narasumber ahli. Yuyut Setiyoti, S.Pd., M.M, dari Direktorat PAUD Kemdikbud menjadi moderator pada webinar yang disaksikan oleh 809 peserta melalui Zoom dan siaran langsung Youtube di kanal BP PAUD dan Dikmas DIY

Webinar diawali dengan pembukaan secara resmi oleh Kepala BP PAUD dan Dikmas DIY, Drs. Eko Sumardi, M.Pd. Drs. Eko Sumardi, M.Pd menyampaikan bahwa empati merupakan salah satu karakter yang harus dimiliki oleh anak. Dengan empati ini anak akan tumbuh dan hidup bersosial dalam masyarakat. “Sikap empati ini sangat diperlukan dan dibutuhkan pada pergaulan sehari-hari,” jelasnya.

Sesi dilanjutkan dengan paparan dari Keynote Speaker, GKBRAA Paku Alam. Dalam paparannya, GKBRAA Paku Alam menjelaskan bahwa rasa tidak muncul dengan sendirinya. Rasa empati akan muncul jika orang tua dan lingkungan sekitar membantu menumbuhkan empati pada anak sejak dini. Faktor keluarga memiliki peran yang penting terhadap perkembangan empati anak. Yaitu terkait dengan bagaimana cara orang tua mendidik, berdebat dan berperilaku. “Cara kita mendidik, berdebat dan berperilaku akan membentuk karakter emosional anak,” jelasnya. Pengasuhan orang tua pun menentukan perkembangan empatinya yang diwujudkan dengan tindakan anak terhadap orang lain. Sebagaimana tindakan orang tua terhadap anak.

Setelah paparan dari GKBRAA Paku Alam, dilanjutkan paparan praktik baik dari masing-masing narasumber orang tua, yaitu Risna Sundari dan Ade Fitri Rahmah. Masing-masing narasumber mengisahkan tentang praktik nyata yang dilakukan dengan anak dalam menumbuhkan empati pada anak. Setelah paparan praktik baik dari narasumber orang tua, dilanjutkan dengan paparan dari narasumber ahli, Dra. Kis Rahayu dengan judul “Menumbuhkan Empati Pada Anak”.

Peserta dapat mengunduh materi pada webinar kali ini melalui link bit.ly/UnduhMateriSertifikat_Eps7

Pewarta : Gita Kurnia Graha

Posted in Berita