Menu Close

Webinar Guru TK Penggerak Merdeka Bermain

Yogyakarta (17/03/2021) dilaksanakan Webinar dengan judul “Guru TK Penggerak Merdeka Bermain” hasiI kerjasama IGTKI-PGRI dengan BP PAUD dan Dikmas DIY. Acara yang disiarkan melalui media Zoom dan Kanal Youtube tersebut diikuti tidak kurang dari 1.800 peserta. Webinar ini menghadirkan Drs. Eko Sumardi, M.Pd,  Plt Kepala Balai BP PAUD dan Dikmas DIY, Dwi Rina Dewi, S.Pd., MM selaku ketua IGTKI-PGRI DIY, Daswati selaku IGTKI-PGRI Bantul, Dr. Nita Priyanti, M.Pd dari Universitas Panca Sakti Bekasi, dan Joko Pamungkas, M.Pd dari Universitas Negeri Yogyakarta sebagai Narasumber. Acara dipandu oleh Panca Haryadi Awan, S.Pd selaku Widyaprada BP PAUD dan Dikmas DIY.

Webinar dimulai dengan sambutan dari Daswati selaku IGTKI-PGRI Bantul. Dalam sambutannya Daswati mengucapkan terimakasih kepada semua pihak sehingga kegiatan webinar dapat terselenggara. Acara selanjutnya yaitu sambutan dari Dwi Rina Dewi, S.Pd., MM selaku ketua IGTKI PGRI DIY. Dwi Rina Dewi, S.Pd., MM., berharap kepada guru TK dan pendidik Anak Usia Dini untuk dapat mengoptimalkan perannya sebagai guru Anak Usia Dini dalam optimalisasi tumbuh kembang potensi anak melalui merdeka bermain.

Pemaparan materi dari narasumber pertama, Dr. Nita Priyanti, M.Pd

Kegiatan dilanjutkan oleh Dr. Nita Priyanti, M.Pd sebagai narasumber pertama dengan tema Implementasi Merdeka Bermain Anak Usia Dini. Dalam paparannya Dr. Nita Priyanti, M.Pd., mengajak pendidik untuk berpikir lebih jauh tentang apa yang dibutuhkan oleh anak didik untuk dapat beradaptasi dengan lingkungan di masa yang akan datang. “Terdapat 4 keterampilan untuk beradaptasi yaitu komunikasi, kolaborasi, kreasi, serta berpikir kritis, sehingga pendidik dituntut untuk dapat memfasilitasi 4 keterampilan tersebut kepada anak didik” tambahnya.

Pemaparan materi dari narasumber kedua, Joko Pamungkas, M.Pd

Joko Pamungkas, M.Pd sebagai narasumber kedua mengambil judul Permainan Berbais Budaya Lokal sebagai Alternatif Penumbuhan Potensi AUD secara utuh. Joko Pamungkas, M.Pd menjelaskan tantangan untuk pendidik agar dapat menstimulasi perkembangan 6 aspek perkembangan anak melalui permainan edukatif. Sebagai penutup Joko Pamungkas, M.Pd menyampaikan pesan bagi pendidik untuk dapat menjadi fasilitator bagi anak agar dapat mendapatkan pengalaman-pengalaman berharga melalui permainan edukatif.

Setelah semua narasumber selesai memaparkan materi, sesi dilanjutkan dengan diskusi narasumber dengan peserta yang dipandu oleh moderator.

Pewarta: Faizal Yuliawan

Posted in Berita