Menu Close

Webinar Best Practice PTK PAUD Dikmas

Yogyakarta (6/10/2020) BP PAUD dan Dikmas DIY menyelenggarakan Webinar Best Practice Pendidik dan Tenaga Kependidikan (PTK) PAUD Dikmas. Webinar diikuti oleh 1190 peserta melalui media Zoom dan kanal Youtube. Webinar kali ini merupakan puncak dari serangkaian kegiatan Best Practice PTK PAUD Dikmas sejak bulan Agustus 2020. Best Practice PTK PAUD Dikmas merupakan lomba penulisan karya nyata yang didasarkan pada pengalaman terbaik pendidik dan tenaga kependidikan selama pembelajaran dari rumah saat masa pandemi Covid-19.

Acara ini menghadirkan Drs. Eko Sumardi, M.Pd selaku Kepala Balai BP PAUD dan Dikmas DIY, serta narasumber praktisi yang terdiri dari Rudiani, M.Pd dari Dinas Pendidikan Kota Yogyakarta sebagai juara satu kategori Pengawas TK, Dra. Dwi Ratna S, M.Kes., M.Acc dari Dinas Dikpora Bantul sebagai pemenang kategori Penilik, Sri Suratiyah, M.Psi dari PAUD Bintang-Bintang sebagai juara kategori pendidik KB/TPS/SPS, Yuliana, S.Pd dari SKB Kulon Progo juara satu kategori pamong belajar, Dayin Edeningrum, S.Pd. dari TKK Sang Timur Nanggulan pemenang kategori Guru TK,  Annisa Budhiarti, S.Pd dari PKBM Homeshcooling juara satu kategori Tutor Kesetaraan.

Sambutan dan pembukaan Kepala BP PAUD dan Dikmas DIY, Drs. Eko Sumardi, M.Pd

Drs. Eko Sumardi, M.Pd membuka dan memberi arahan webinar kali ini. Dalam sambutannya beliau menyampaikan bahwa dibutuhkan kreatifitas dan inovasi agar pelaksanaan tugas dan fungsi pembelajaran berjalan dengan baik. “Perubahan yang luar biasa dari metode tatap muka menjadi menggunakan media Teknologi Informasi (TI) dan juga penguasaan teknologi informasi harus belajar dari awal hingga sekarang mulai menjadi kebiasaan,” tambahnya

Sesi selanjutnya adalah paparan dari pemenang lomba Best Practice. Paparan pertama dimulai dari Rudiani, M.Pd dengan judul “Strategi Workshop Untuk Meningkatkan Kemampuan Guru Dalam Pelaksanaan Pembelajaran Mingguan Belajar Dari Rumah”.Materi selanjutnya dari Dra. Dwi Ratna S, M.Kes dengan judul “Memacu Penyusunan Kurikulum Satuan Pendidikan Anak Usia Dini di Masa Pandemi”. Narasumber ketiga adalah Sri Suratiyah, M.Psi yang mempunyai tema “Pendampingan Wali Murid Melalui Program Parenting Online, Film Pendek, dan Buku Saku Digital”. Yuliana, S.Pd dengan judul “Pembelajaran Jarak Jauh Menggunakan LMS Berbasis Web Pada Pendidikan Kesetaraan” menjadi narasumber keempat. Sesi selanjutnya adalah Dayin Edeningrum yang mempunyai judul “Efektifitas Penggunaan Aplikasi Digital Youtube, Zoom Cloud Meeting, WhatsApp dan Google Form Terhadap Proses Belajar Dari Rumah”. Materi terakhir dari Annisa Budhiarti, S.Pd dengan judul “Strategi Index Card Match Dalam Google Classroom Untuk Optimalisasi Pembelajaran Modul Kimia dan Meningkatkan Karakter Mandiri Peserta Didik”.

Seusai narasumber menyampaikan paparannya, peserta dapat mengajukan pertanyaan kepada narasumber. Peserta juga dapat mengunduh sertifikat dan materi di link http://bit.ly/MateriSertifikatBestPractice.

Pewarta: Faizal Yuliawan

Posted in Berita