Menu Close

Warga Rintisan Kampung Literasi Natah Kulon Belajar Membatik

Gunungkidul (15/05/2018) Kamis, 8 Mei 2018 di Rintisan Kampung Literasi Song Konglomerat Natah Kulon dilaksanakan kegiatan  Pelatihan Membatik. Kegiatan ini difasilitasi Balai Pengembangan Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat (BP PAUD dan Dikmas DIY). Peserta kegiatan adalah warga kampung literasi sejumlah 25 orang, yang memiliki minat dan potensi untuk menekuni pekerjaan membatik sebagai sumber matapencaharian.

Peserta tampak antusias mengikuti kegiatan didampingi oleh fasilitator. Setiap peserta mendapat bantuan satu set alat membatik, dilengkapi dengan master cap (canting cap) untuk dapat dipergunakan secara kelompok. Kegiatan belajar membatik yang dilakukan adalah membatik menggunakan canting tulis dan canting cap secara kombinasi. Batik kombinasi tulis dan cap dipilih karena untuk menghasilkan produk batik dengan lebih cepat, sehingga diharapkan setelah terampil peserta dapat memproduksi batik sesuai dengan permintaan pasar (konsumen).

Pelatihan membatik ini adalah bagian dari kegiatan Rintisan Kampung Literasi, bertujuan untuk mengembangkan berbagai jenis literasi dasar dengan media belajar membatik. Batik adalah salah satu budaya yang sangat bernilai, dengan belajar membatik maka meningkatkan lierasi masyarakat terhadap budaya. Literasi lain juga dapat berkembang dengan media belajar membatik ini, seperti: literasi membaca, menulis, berhitung, sains, dan ekonomi, karena dalam proses kegiatan belajar melibatkan berbagai aktivitas dan berkaitan dengan literasi tersebut.

Tolok ukur keberhasilan pelatihan ini adalah peserta dapat memproduksi kain batik yang memberikan dampak secara ekonomi. Oleh karena itu setelah proses pelatihan, peserta didorong dan didampingi untuk proses produksi dan pemasaran. (B. Riyanta, BP PAUD Dikmas DIY)

Pewarta: Bakti Riyanta

Posted in Berita