Menu Close

Ujicoba Operasional Pendidikan Anak Usia Dini

Suasana ujicoba operasional di TK ABA Kalinampu Patuk Gunungkidul

Yogyakarta (12/10/2019) Sejak tanggal 23 September s.d. 11 Oktober 2019 tim pengembang model BP PAUD dan Dikmas DIY melakukan ujicoba operasional di 3 Taman Kanak-Kanak (TK) yang ada di DIY. Ujicoba dilakukan dengan melibatkan kurang lebih 60 anak serta 6 pendidik yang meliputi tiga Taman Kanak-Kanak.

 “Pembelajaran sosial finansial bagi anak usia dini dengan Augmented Reality” adalah tema model yang dikembangkan oleh tiga orang pamong belajar BP PAUD dan Dikmas DIY. Augmented Reality sendiri adalah teknologi dimana seseorang dapat melihat video dan audio 3D melalui smartphone. Peserta didik diajak untuk belajar mengenai mata uang Indonesia dan profesi melalui Augmented Reality. Tujuan pemilihan Augmented Reality sebagai sarana pembelajaran adalah untuk dapat lebih menarik minat anak-anak dalam belajar karena menggunakan teknologi yang modern sekaligus mengantisipasi perkembangan industri 4.0 dengan cara memperkenalkan teknologi modern sejak dini secara bertahap.

Tri Rusmiyati, S.Pd selaku pendidik TK menuturkan bahwa pada saat pembelajaran  menggunakan model tersebut anak-anak dapat mengikuti pembelajaran dengan baik dan mudah dipahami. “Antusias dan rasa ingin tahu yang luar biasa tergambar dari anak- anak saat mengikuti pembelajaran model tersebut”, sambung beliau. “Semoga model semacam ini dapat segera disempurnakan dan dapat dipakai dalam proses pembelajaran secara luas” adalah harapan dari beliau.

Suasana ujicoba operasional di TK ABA Dhuri Kalasan

Hari terakhir dari pembelajaran selama dua minggu ditutup dengan pelaksanaan “market day” yang bertujuan untuk melihat sejauh mana perkembangan anak dalam mengenal mata uang dan profesi dalam kehidupan sesungguhnya. Konsep dari “market day” yaitu anak-anak membelanjakan sendiri uang koin dan uang lembaran dengan barang yang sudah diberi harga sehingga nantinya dapat mengetahui apakah anak sudah mengenal dengan sempurna mata uang dan profesi setelah menerima pembelajaran sosial finansial dengan menggunakan Augmented Reality.

Ujicoba Operasional mempunyai tujuan untuk mengembangkan dan menyempurnakan suatu model yang dikembangkan sebelum nantinya diseminarkan lalu dibakukan oleh pihak terkait. Hasil dari pengembangan model ini akan dipakai untuk masyarakat umum.

Pewarta: Faizal Yuliawan

Posted in Berita