Menu Close

Ujicoba Konseptual SKK pada Krida Dikmas Saka Widya Budaya Bakti di Kulon Progo

Tim Pengembang Model Penyusunan Syarat Kecakapan Khusus (SKK) pada Krida Dikmas Saka Widya Budaya Bakti menyelenggarakan uji coba konseptual di wilayah Kulon Progo pada 16-18 Oktober 2017 di SKB Kulon Progo dan 19-21 Oktober 2017 di Kantor Kwarcab Kulon Progo.

Untuk mengetahui tingkat keterlaksanaan draf model perlu dilakukan uji coba konseptual yang dilakukan secara terbatas. “Bentuk uji coba dilaksanakan pembelajaran untuk mengetahui tingkat keterlaksanaannya pembelajaran terkait dengan SKK yang disusun.” Ungkap Basri Hananta selaku pengembang model.

Uji coba pembelajaran konseptual dirancang melaksanakan sebagian silabus SKK yang disusun. Peserta uji coba adalah Pramuka Penegak Pandega utusan Gugusdepan di wilayah Kwarcab Kulon Progo. Uji coba dilaksanakan pada dua kelompok dalam bentuk latihan Satuan Karya Widya Budaya Bakti. Satu kelompok perlakuan, yaitu di kantor Kwarcab Kulon Progo dan kelompok kontrol di SKB Kulon Progo. Tidak semua silabus diujicobakan karena keterbatasan waktu. Pengambilan sampel silabus mempertimbangkan keterbatasan waktu yang tersedia, keterwakilan materi  dan pentingnya substansi. Setiap kelompok uji coba terdiri dari 20 orang.

Instruktur Saka pada uji coba dilakukan oleh pamong belajar praktisi sesuai dengan kompetensi masing-masing silabus yang diampu. Pada kelompok perlakuan instrutkur diberikan arahan terkait pola dan model pembelajaran yang harus dilakukan. [fauziep]

Pewarta: Fauzi Eko Pranyono

Posted in Berita