Menu Close

Ujicoba Konseptual Model Kampung Literasi (1)

Gunungkidul (25/10/2018) Pada hari Selasa dan Rabu, 23-24 Oktober 2018 telah dilaksanakan ujicoba konseptual model kampung literasi. Ujicoba dilaksanakan di wilayah RT 01 kampung Natah Kulon, Desa Natah, Kecamatan Nglipar, Kabupaten Gunungkidul.

Dalam ujicoba ini para penerap model berusaha mengimplementasikan konsep “rembug bareng” dalam menggali kreativitas warga dalam mengisi kegiatan di kampung literasi. Materi yang dibahas adalah rencana dan rancangan warga jika kampung literasi berkembang menjadi desa wisata edukasi. Apa yang akan disuguhkan kepada pengunjung, dimana pentas akan dilakukan, bagaimana persiapan dilakukan menjadi hal-hal penting yang dirembuh.

Proses diskusi “rembug bareng” ini dipandu oleh dua orang penerap yaitu Bapak Suparman dan Bapak Widodo. Keduanya bertugas memandu diskusi dalam kelompok kecil dan pleno kelompok besar. Ini sudah dikoordinasikan sebelumnya oleh pendamping kegiatan yaitu Bapak Sukimin. Harapannya adalah munculnya dinamika diskusi yang interaktif yang mampu menggali ide-ide kreatif warga dalam mengisi kegiatan di kampung literasi.

Hasil “rembug bareng” dalam ujicoba ini adalah munculnya gagasan pertunjukan seni gejog lesung dan gedruk/drama yang mengangkat cerita lokal. Kedua hal ini harus dikuasai dengan melakukan latihan rutin. Jika warga di RT 01 masih kekurangan personil maka dapat menggunakan personil dari kampung yang lain yang memang ingin ikut berpartisipasi. Hasil diskusi yang lain adalah disepakatinya rencana tempat pertunjukan, tata letak pertunjukan, kostum dan piranti pendukung pertunjukan serta hal-hal lain yang mendukung pertunjukan seperti parker dan tiket.

Pewarta: Agus Hari Prabowo


Posted in Berita