Menu Close

Uji Coba Operasional Model Kursus: “Model Pembelajaran Manajemen Berbasis Pasar pada LKP” di LKP Bayu Utama, Wonosari, Gunungkidul

Suasana kegiatan uji coba operasional di LKP Bayu Utama Wonosari

Yogyakarta (25/09/2019) Pada tanggal 25-27 September 2019 di LKP Bayu Utama Wonosari, Gunungkidul diselenggarakan uji coba operasional model “Manajemen Pembelajaran Berbasis Pasar LKP”. Kegiatan uji coba operasional ini diikuti sejumlah 20 orang serta dua orang penerap dan satu pendamping.

Sebelum pelaksanaan kegiatan uji coba operasional telah dilaksanakan kegiatan orientasi teknis pada tanggal 20 September 2019. Kegiatan orientasi teknis ini bertujuan memberikan pembekalan kepada penerap dan pendamping agar kegiatan uji coba operasional model berjalan sesuai dengan model yang sudah disusun oleh tim pengembang. Maksud kegiatan uji coba operasional model adalah untuk menguji efektivitas model yang sudah disusun.

Dengan adanya tantangan 4.0 lembaga kursus ini bisa mengajarkan jenis keterampilan apapun sesuai dengan kebutuhan. Seseorang kemungkinan ketika harus berhadapan dengan mesin itu sulit, mesin yang dikendalikan oleh kecerdasan buatan juga sulit. Karena itulah peserta didik kursus perlu dibekali keterampilan abad 21. Satu nilai yang memang harus dimiliki yaitu semua yang ada hubungannya dengan keterampilan hidup, keterampilan komunikasi efektif, dan pembelajaran inovatif yang tidak bisa dikalahkan oleh mesin. Oleh karena itu perlu langkah menjadikan lembaga kursus yang kondusif agar tetap eksis.

Drs. Petrus Haditi Hastungkoro selaku Pamong Belajar Madya BP PAUD dan Dikmas menyampaikan bahwa untuk ke depannya LKP bukan hanya lembaga berjiwa keterampilan tapi menjadi lembaga finansial. Lembaga finansial atau pendidikan finansial sendiri bisa mendidik seseorang dari basic apapun menjadi orang sukses.

Kegiatan pengembangan model kursus ini bertujuan untuk pengembangan mutu satuan pendidikan kursus dan pelatihan sehingga dapat meningkatkan motivasi peserta, meningkatkan mutu kinerja pendidik, meningkatkan keefektifan dan keefisien kurikulum.

Pewarta: Ilya Haizatin Shofwana

Posted in Berita