Menu Close

Uji Coba Konseptual Model Pemetaan Satuan Kredit Kompetensi Kurikulum 2013 Pendidikan Kesetaraan

Pengelola dan tutor sedang mengisi kuesioner uji coba

Yogyakarta (05/08/2019) Balai Pengembangan Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat Daerah Istimewa Yogyakarta (BP PAUD dan Dikmas DIY) menyelenggarakan Uji Coba Konseptual Model Pemetaan Satuan Kredit Kompetensi Kurikulum 2013 Pendidikan Kesetaraan (Model Kesetaraan 2) yang diikuti oleh 20 orang dari pengelola dan tutor PKBM Mandiri Bantul. Acara ini diselenggarakan pada 5 dan 9 Agustus 2019 di Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Mandiri Bantul. “Acara ini bertujuan untuk mengujicobakan desain model atau draf model secara terbatas kepada satuan pendidikan”, tutur Drs. Fauzi Eko Pranyono selaku Ketua Tim Pengembang Model.

Model yang diujicoba berupa fungsional mentoring, yaitu pendampingan satuan pendidikan untuk memetakan Satuan Kredit Kompetensi (SKK). Dalam pendampingan ini, BP PAUD dan Dikmas DIY memberikan panduan mentoring dan bahan ajar berupa Buku Panduan Pemetaan SKK Kurikulum 2013 Pendidikan Kesetaraan. BP PAUD dan Dikmas DIY ingin menguji pula dengan adanya buku panduan, pendampingan yang dilakukan berjalan atau tidak. Di samping itu menguji keterbacaan dan kelayakan dari panduan yang diberikan.

Menurut salah satu tim pengembang model, Bais Jajuli Sidiq, S.P. konsep dari fungsional mentoring adalah satuan pendidikan belum mengetahui cara, langkah apa yang harus dilakukan dalam memetakan. “Sehingga diperlukan pembelajaran melalui pendampingan yang spesifik untuk proyek atau teknis fungsional untuk memetakan SKK dengan pendekatan fungsional mentoring”, tambah Bais.

Kegiatan fungsional mentoring ini berupa lokakarya yang digabung dengan workshop serta dipandu oleh dua penerap selaku pendamping. Hasilnya akan ada pemetaan SKK Kurikulum 2013 Pendidikan Kesetaraan yang akan digunakan oleh lembaga itu sendiri.

Pada kesempatan ini uji coba konseptual masih terbatas hanya di dua satuan pendidikan, yaitu di PKBM Mandiri Bantul dan SKB Kulon Progo. Uji coba konseptual di SKB Kulon Progo akan diselenggarakan pada tanggal 15 dan 16 Agustus 2019. Setelah kegiatan uji coba konseptual dilakukan, selanjutnya BP PAUD dan Dikmas DIY akan melakukan uji coba yang lebih luas lagi, yaitu uji coba operasional.

Pewarta: Gita Kurnia Graha

Posted in Berita