Menu Close

Tingkatkan Pelayanan, UPT Kemendikbud DIY Launching Unit Layanan Terpadu (ULT)

Suasana Peresmian ULT Kemendikbud DIY

Yogyakarta (12/08/2019) UPT Kemendikbud di DIY meresmikan Unit Layanan Terpadu (ULT) di Gedung Aula Ki Hajar Dewantara, PPPPTK Matematika Yogyakarta. Peresmian ULT tersebut merupakan wujud koordinasi dengan 11 UPT Kemendikbud di wilayah DIY secara terpadu satu pintu, guna memudahkan masyarakat dalam mendapatkan layanan informasi dan menyampaikan pengaduan.

Adapun 11 UPT Kemendikbud yang tergabung dalam ULT ini yaitu PPPPKTK Matematika, PPPPTK Seni dan Budaya, LPMP DIY, Museum Benteng Vredeburg, Balai Bahasa, Balai Pengembangan Media Radio Pendidikan dan Kebudayaan, Balai Pelestarian Cagar Budaya, Balai Arkeologi, Balau Pelestarian Nilai Budaya, BP PAUD dan Dikmas, serta SEAMEO QITEP in Mathematics.

Insan Yudanarto, S.T., M.Pd Koordinator ULT Kemendikbud DIY mengungkapkan bahwa pembentukan ULT Kemendikbud di DIY ini mengacu pada UU Nomor 14 Tahun 2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik, UU Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik dan Peraturan Presiden Nomor 97 Tahun 2014 tentang Penyelenggaraan Terpadu Satu Pintu.

ULT Kemendikbud DIY sudah mulai melayani sejak satu bulan yang lalu di P4TK Matematika sehingga setiap harinya perwakilan 11 UPT Kemdikbud di DIY bergantian untuk melayani masyarakat. Pelayanan dilakukan secara langsung (responding) maupun tidak langsung (website).

“Ke depannya kami akan membuat aplikasi yang tidak mengharuskan perwakilan UPT untuk hadir di ULT. Pelayanan bisa terhubung secara koneksi sehingga mempermudah dan menghemat waktu,” ungkap Insan Yudanarto saat pembukaan.

Menurut Kepala P4TK Matematika sekaligus Koordinator UPT Kemendikbud di DIY, Dr. Dra. Dastiwi Astuty, jajaran UPT Kemendikbud DIY sudah menyediakan layanan publik untuk menampung aspirasi atau pengaduan yang disampaikan oleh masyarakat terkait pendidikan dan kebudayaan.

“ULT yang akan di-launching merupakan salah satu bentuk komitmen keseriusan Kami dalam melayani masyarakat secara optimal, ramah dan memberikan solusi. UPT Kemendikbud DIY menunjang satu pintu layanan terpadu dengan menetapkan 14 layanan dengan P4TK Matematika sebagai sekretariat ULT Kemendikbud di DIY”, tambahnya.

Adapun 14 jenis layanan ULT Kemendikbud DIY yang dapat masyarakat peroleh seperti permohonan informasi, pengaduan, layanan diklat berbasis kerjasama, kunjungan museum, BIPA (bahasa indonesia untuk penutur bahasa asing), ahli bahasa, perpustakaan, ujian kemahiran berbahasa indonesia (UKBI), bioskop keliling, perizinan dan pengembangan, kemitraan radio edukasi, fasilitasi kunjungan, kunjungan, hingga penyewaan fasilitas.[wp]

Pewarta: Winda Pratiwi

Posted in Berita