Menu Close

Tim Pengembang Model Selenggarakan Orientasi Teknis Ujicoba Operasional

Yogyakarta (23/10/2020) Tim Pengembang Model BP PAUD dan Dikmas DIY menyelenggarakan Orientasi Teknis Ujicoba Operasional di satuan/lembaga. Orientasi Teknis merupakan kegiatan yang dilakukan oleh tim pengembang model sebelum melakukan tahapan ujicoba operasional. Sasaran orientasi teknis merupakan kepala lembaga/satuan dan pendidik yang akan menggunakan serta menerapkan model yang dikembangkan. Orientasi teknis bertujuan memberi pemahaman kepada pendidik tentang pelaksanaan ujicoba operasional, meliputi penjelasan tentang model, panduan model, dan penilaian kegiatan ujicoba.

Merujuk Peraturan Direktur Jenderal Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat nomor 02 tahun 2016 tentang petunjuk tenis (juknis) pengembangan model, setiap tim pengembang melaksanakan orientasi teknis di tiga lokasi berbeda. Menurut salah satu pengembang model, Marsono, S.T., M.Kes, orientasi teknis penting dilakukan untuk berkoordinasi dengan pendidik satuan/lembaga tentang apa yang harus dilakukan pada saat pelaksanaan ujicoba operasional. “Kegiatan ini penting dilakukan agar terjadi kesepahaman pengertian antara tim pengembang dan pendidik sehingga saat menjelaskan model  kepada peserta tidak terjadi salah pengertian dikarenakan sasaran ujicoba adalah masyarakat umum” jelasnya.

Tahun 2020 BP PAUD dan Dikmas DIY mengembangkan enam model yang terdiri dari model PAUD 1, model PAUD 2, model PAUD 3, model Kesetaraan 1, model Kesetaraan 2, dan model Keaksaraan. Pengembangan model  disusun oleh pamong belajar yang berjumlah tiga sampai empat orang. Setelah pelaksanaan semua tahap pengembangan model dilakukan proses validasi oleh Direktorat terkait dan diharapkan setelah tervalidasi model tersebut dapat digunakan di satuan/lembaga secara luas.

Pewarta: Faizal Yuliawan

Posted in Berita