Menu Close

Asyiknya Bikin Video Bersama Pramuka

Salam Pramuka! Salam! Bukan semata salam biasa namun salam kebersamaan yang hangat dan penuh semangat. Ini selalu dikobarkan setiap saat. Salah satunya saat dilaksanakannya kegiatan Bimbingan Teknis Penguatan Literasi Saka Widya Budaya Bakti yang berpangkalan di BP PAUD dan Dikmas Daerah Istimewa Yogyakarta yang dilaksanakan pada tanggal 17, 18, dan 24 November 2018.

Kegiatan bimtek tersebut diharapkan dapat membekali para pegiat Pramuka di saka yang ada dengan beragam konten literasi. Pada kesempatan tersebut para peserta bimtek mendapatkan satu materi berupa pembuatan film pendek literasi. Film ini nantinya dapat digunakan sebagai media belajar maupun media sosialisasi kegiatan Pramuka pada Saka Widya Budaya Bakti.

Materi pembuatan film pendek ternyata sangat mengasyikkan. Para peserta sangat antusias mempelajari dasar-dasar pembuatan film meskipun dalam waktu yang terbatas. Antusiasme ini makin meningkat ketika para peserta harus mempraktekkan pengetahuan yang diperolehnya. Dalam kelompok kecil, para peserta mulai merancang dan merumuskan ide gagasan film pendek dalam bentuk sinopsis dan skenario. Ada 4 kelompok yang melaksanakan pembuatan film pendek. Produk yang dihasilkan terdiri dari 2 macam yaitu iklan layanan dan dokumenter.

Ada hal menarik yaitu saat pengambilan gambar berlangsung. Ternyata melakukan adegan dan mengambil gambar tidak semudah seperti yang sudah direncanakan. Beberapa kali harus diulang. Ternyata setiap anggota kelompok memiliki kejelian yang beragam dalam mengamati adegan. Selalu ada kritik membangun dan solusi kreatif saat itu. Namun, hal inilah yang memberikan semangat bagi mereka untuk menghasilkan karya yang terbaik.

Hasil karya film pendek tersebut nantinya akan direview bersama pada hari Sabtu 24 November 2018. Masih ada waktu yang cukup untuk melakukan editing video tersebut. Kita tungu saja hasil karya sineas muda dari Pramuka ini. Salam Pramuka!

Pewarta: Kak Agus Hari Prabowo

Posted in Berita