Menu Close

Standar Keamanan bagi Anak Usia Dini (AUD) di Masa Pandemi Covid-19

Yogyakarta (8/03/2021) HIMPAUDI bekerja sama dengan BP PAUD dan Dikmas DIY menyelenggarakan Webinar dengan tema “Standar Keamanan bagi Anak Usia Dini (AUD) di Masa Pandemi Covid-19”. Webinar ini menghadirkan Drs. Eko Sumardi, M.Pd,  Plt Kepala Balai BP PAUD dan Dikmas DIY, Zamzani Ulwiyati, S.Ag selaku Ketua Himpaudi DIY, Muhammad Darmawan, S.E., M.KKK dari PT Kandel Sekeco Internasional dan Dra. Inayah Al Wafiyah selaku Kepala TKIT Alhamdulillah sebagai Narasumber. Acara yang dipandu oleh Sri Wahyuni, M.Psi dari Himpaudi DIY  diikuti lebih dari 900 peserta dan disiarkan melalui Zoom dan kanal Youtube BP PAUD  dan Dikmas DIY.

Acara dimulai dengan sambutan dari Zamzani Ulwiyati, S.Ag selaku ketua HIMPAUDI. Dalam sambutannya, Zamzani Ulwiyati, S.Ag menyampaikan bahwa standar keamanan dan keselamatan merupakan hal yang pokok bagi proses pendidikan bagi Anak Usia Dini (AUD). “Standar keamanan untuk PAUD sudah dilakukan sejak lama namun dengan adanya pandemi maka hal tersebut harus lebih ditingkatkan” tambahnya.

Pembukaan da pengarahan dari Drs. Eko Sumardi, M.Pd, plt Kepala Balai BP PAUD dan Dikmas DIY

Kegiatan dilanjutkan dengan pengarahan dan pembukaan oleh Drs. Eko Sumardi, M.Pd, plt Kepala Balai BP PAUD dan Dikmas DIY. Dalam kesempatannya Drs. Eko Sumardi, M.Pd berpesan kepada guru dan orang tua agar dalam pembelajaran dari rumah harus kreatif  menggunakan Alat Permainan Edukatif (APE) yang ada. Beliau menambahkan APE yang digunakan sebagai media pembelajaran harus memenuhi standar keamanan untuk digunakan pada AUD sehingga dapat menunjang proses belajar dari rumah.

Sesi selanjutnya diisi oleh Muhammad Darmawan, S.E., M.KKK. Materi dimulai dengan Pentingnya Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3) dalam kehidupan sehari-hari. Pengendalian Covid-19 di PAUD harus di lakukan dengan aturan ketat jika kedepannya sudah dilakukan pembelajaran secara tatap muka. “Selama pembelajaran dilakukan dari rumah orang tua dan guru harus berpikir kreatif agar anak-anak dapat belajar dengan nyaman dengan standar keamanan yang baik” imbuhnya

Narasumber terakhir Dra. Inayah Al Wahfiyah, S.Pd, menyampaikan bahwa prinsip pembelajaran dimasa pandemi ini adalah keselamatan dan kesehatan seluruh pihak mulai dari guru, orang tua, serta murid, dan yang menjadi prioritas utama adalah keselamatan Anak Usia Dini. Beliau menambahkan dengan adanya pembelajaran dari rumah, Lembaga harus mempertahankan kualitas dengan tetap berpedoman 8 Standar Nasional Pendidikan.

Pewarta: Faizal Yuliawan

Posted in Berita