Menu Close

Sosialisasi Ujian Pendidikan Kesetaraan PKBM Sejahtera Yogyakarta

Yogyakarta (26/02/2021). Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Sejahtera Kota Yogyakarta digawangi Bidang Kepeserta didikan PKBM Sejahtera menyelenggarakan kegiatan Sosialisasi Ujian Pendidikan Kesetaraan (UPK) Paket A/B/C Tahun Pelajaran 2020/2021. Hadir pada kegiatan ini Affrio Sunarno, S.Sos., Mantri Pamong Praja Kemantren Mantrijeron, Ritan Wulandari, SSTP, M.IP., Lurah Kelurahan Suryodiningratan, dan Drs. Daelami, Ketua Pimpinan Cabang Muhammadiyah Mantrijeron. Kegiatan ini diikuti oleh sebanyak 79 orang dengan pembagian dalam dua sesi sesuai protokol kesehatan.

Sambutan oleh Affrio Sunarno, S.Sos. Mantri Kemantren Mantrijeron

Affrio Sunarno, S.Sos., Mantri Pamong Praja Kematren Mantrijeron dalam sambutan pengarahan memberikan motivasi kepada peserta didik PKBM Sejahtera untuk mengikuti ujian dengan persiapan diri maupun dengan belajar. Belajar di sekolah formal maupun di PKBM sama dalam mendapatkan kesempatan mengeyam pendidikan. Kesempatan belajar yang diberikan pemerintah bagi anak usia sekolah, kesempatan belajar bagi masyarakat luas di PKBM, tidak terbatas usia dan waktu lebih fleksibel. Bekerja dan belajar untuk mewujudkan cita-cita hidup dan sejahtera, tidak salah jika mendaftarkan diri sekolah di PKBM Sejahtera.

Ir. Eko Ratmoko, Ketua PKBM Sejahtera menambahkan bahwa peserta didik PKBM Sejahtera kelas 6, kelas 9, dan kelas 12 harus mempersiapkan diri untuk mengikuti Ujian Pendidikan Kesetaraan sebagai salah satu syarat wajib kelulusan peserta didik di akhir pembelajaran. Wali kelas akhir diharapkan terus mendampingi dan memantau tingkat keaktifan peserta didik dan kedisiplinan peserta didik selama pembelajaran secara daring, termasuk penilaian yang telah dilakukan masing-masing tutor selama proses pembelajaran. “Ujian Pendidikan Kesetaran Paket A, Paket B, dan Paket C rencana dilaksanakan pada akhir bulan Maret 2021. Mengikuti ketentuan yang telah tertuang dalam prosedur operasional jika pelaksanaan Ujian Pendidikan Kesetaraan secara luring, tetap menjaga jarak dan memenuhi protokol kesehatan,” pungkas Ir. Eko Ratmoko.

Fadya Faiza, salah satu peserta menyebutkan keinginannya untuk melanjutkan ke sekolah formal jenjang SMP. Hal senada juga disampaikan Ilham yang berkeinginan mendaftarkan ke sekolah formal jenjang SMA, beberapa peserta didik Paket C setara kelas XII SMA berkeinginan melanjutkan kuliah. Kegiatan sosialisasi Ujian Pendidikan Kesetaraan diakhiri dengan doa bersama yang dipimpin Drs. Daelami, Ketua Pimpinan Cabang Muhammadiyah Mantrijeron.

Pewarta: Sabatina Rukmi Widiasih

Posted in Berita