Menu Close

Sosialisasi Rubrik dan Aplikasi Penilaian Perkembangan Anak untuk Usia 5-6 Tahun

Yogyakarta (17/05/2019) Bertempat di Aula BP PAUD DIKMAS DI Yogyakarta dilangsungkan Bimbingan Teknis (Bimtek) Peningkatan Kompetensi Pendidik PAUD. Bimtek ini mengambil tema Sosialisasi Rubrik Penilaian Perkembangan Anak untuk usia 5-6 Tahun dan aplikasi penilaian perkembangan anak online. Kegiatan Bimtek dibuka secara langsung oleh bapak Drs. Eko Sumardi, M.Pd selaku Kepala Balai dan dihadiri ibu Ning Kasubdit Kurikulum direktorat P-PAUD.

Bimtek diikuti oleh pendidik Taman Kanak-Kanak (TK) dari kabupaten/kota yang berada di wilayah DI Yogyakarta berjumlah 29 orang dengan rincian lima dari Sleman, tiga dari Gunung Kidul, tiga dari Kulonprogo, delapan dari Kota Yogya dan 10 dari Bantul.

Bimtek ini diselenggarakan untuk memfasilitasi direktorat P-PAUD dalam  rangka sosialisasi rubrik dan aplikasi penilaian kepada pendidik Taman Kanak-Kanak. Selain itu diharapkan terbentuk admin di masing-masing sekolah khususnya bagi Lembaga yang ikut kegiatan. Tugas admin sekolah adalah melakukan input data anak di masing-masing Lembaga ke dalam aplikasi online ( http://itppa.zonakreatif.id ) dan input  data guru. Tugas guru adalah melakukan penilaian perkembangan anak terhadap anak yang dididiknya.

Hasil dari kegiatan bimtek telah terbentuk admin sekolah aktif sebanyak 18 lembaga, pendidik yang melakukan penilaian sebanyak 35 orang dan jumlah peserta didik 350 orang.

Pada bulan Mei, pendidik yang telah terdaftar ke dalam aplikasi telah melakukan penilaian terhadap anak didiknya. Data yang telah masuk ke dalam sistem sejumlah 350 orang anak.

Dengan data yang masuk ini, direktorat dapat melihat perkembangan anak di wilayah Yogyakarta secara langsung. Ke depan, pendidik diharapkan melakukan penilaian perkembangan anak tiap triwulan ke dalam aplikasi, sehingga grafik perkembangan anak dalam satu tahun langsung dapat diketahui oleh Lembaga, ataupun kabupaten dan bahkan oleh  direktorat.

Sosialisasi ini dilakukan tidak hanya di wilayah Yogyakarta, melainkan juga 29 UPT PAUD DIKMAS yang tersebar diseluruh Indonesia. Dengan sosialisasi secara nasional ini, direktorat mendapat data perkembangan anak secara nasional, yang diperlukan untuk menentukan kebijakan nasional.

Pewarta: Marsono

Posted in Berita