Menu Close

Sosialisasi Penerapan Model PAUD dan Dikmas Tahun 2019

Pemaparan materi dan pembukaan kegiatan Sosialisasi Model PAUD dan Dikmas Tahun 2019 oleh Kepala Balai, Drs. Eko Sumardi, M.Pd.

Yogyakarta (26/12/2019) Lima puluh peserta mengikuti kegiatan Sosialisasi Penerapan Model PAUD dan Dikmas Tahun 2019 yang diselenggarakan pada 26 Desember 2019. Peserta berasal dari Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga DIY, Dinas Pendidikan Kab/Kota DIY, Kepala SKB, Penilik, Pamong, IGTK, HIMPAUDI, Forum PKBM, Forum LKP, serta Kepala Sekolah Dasar. Kegiatan yang diselenggarakan di Auditorium Lantai 2 BP PAUD dan Dikmas DIY ini difasilitasi oleh Sekretariat Direktorat Jenderal PAUD dan Dikmas, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Hasiyati, M.Pd., selaku Ketua Panitia menyampaikan bahwa tujuan dari kegiatan ini adalah untuk menyebarluaskan pemanfaatan model PAUD dan Dikmas yang sudah dikembangkan, kemudian mendapatkan umpan balik dan masukan yang relevan. “Model yang disosialisasikan merupakan model yang sudah tervalidasi, sehingga harus segera diterapkan di masyarakat. Terdapat 7 model yang telah dikembangakn oleh BP PAUD dan Dikmas DIY, diantaranya 3 model kelompok PAUD dan 4 model kelompok Pendidikan Orang Dewasa (POD)”, tambahnya.

Kegiatan dibuka oleh Kepala BP PAUD dan Dikmas D.I. Yogyakarta, Drs. Eko Sumardi, M.Pd. Dalam sambutannya, Drs. Eko Sumardi, M.Pd., menyampaikan bahwa pengembangan model merupakan core business dari BP PAUD dan Dikmas DIY. “Pengembangan model ini kami lakukan dengan dasar Perdirjen PAUD dan Dikmas Nomor 02 Tahun 2016. Tujuannya untuk 1) memecahkan permasalahan yang ada di PAUD dan Dikmas, 2) peningkatan mutu pengelolaan, 3) memberdayakan potensi lokal, dan 4) mendorong kemandirian dan kreatifitas masyarakat”, jelasnya.

“Pada tahun 2019 ini terdapat 7 model yang Pamong Belajar kami kembangkan. Saya berharap dengan sosialisasi ini Bapak/Ibu sekalian dapat menerapkan model-model yang telah dikembangkan. Bapak/Ibu dapat memakai model ini dalam rangka melakukan, mengembangkan, atau me-manage satuan-satuan PAUD dan Dikmas yang ada di DIY”, tambahnya.

Pemaparan model oleh BP PAUD dan Dikmas DIY

Kegiatan dilanjutkan dengan pemaparan model-model yang sudah dikembangkan oleh Pamong Belajar BP PAUD dan Dikmas DIY. Pemaparan model dibagi menjadi 2 kelompok yaitu kelompok PAUD dan kelompok Pendidikan Masyarakat.

Pewarta: Winda Pratiwi

Posted in Berita