Menu Close

Solusi Pencapaian Kompetensi Pendidik PAUD Nonformal

Sosialisasi Tempat Uji Kompetensi (TUK) Pendidik PAUD SPNF SKB Kota Yogyakarta

Yogyakarta (18/12/2018). Sosialisasi Tempat Uji Kompetensi (TUK) Pendidik PAUD di SPNF SKB Kota Yogyakarta diselenggarakan SPNF SKB Kota Yogyakarta dengan Dinas Pendidikan Kota Yogyakarta dan mitra PAUD. Diantaranya Kepala Dinas Pendidikan Kota Yogyakarta diwakili Dedi Budiono, M.Pd., Kepala Bidang Sekolah Menengah Pertama Dinas Pendidikan Kota Yogyakarta, Dra. Rr. Sri Hartati, Kepala Seksi PAUD Dinas Pendidikan Kota Yogyakarta, Sudijarto, M.Pd., Pejabat Pelaksana Harian (PLH) Kepala SPNF SKB Kota Yogyakarta, dan Penilik PAUD Dinas Pendidikan Kota Yogyakarta. Dihadiri 60 peserta utusan IGRA, HIMPAUDI, Forum PAUD, dan Pendidik PAUD nonformal se-Kota Yogyakarta.

“Pendidik Kelompok Bermain (KB), pendidik Taman Pengasuhan Anak (TPA), dan pendidik Satuan PAUD Sejenis (SPS) masih banyak yang belum memenuhi kualifikasi. Sebagian besar berpendidikan terakhir SMP dan SMA. Peningkatan kualitas dan kompetensi pendidik PAUD nonformal tersebut dilakukan melalui pendidikan dan pelatihan berjenjang untuk pendidik PAUD. Setelah diklat berjenjang belum dapat dijamin sepenuhnya bahwa pendidik tersebut telah kompeten. Mereka harus melewati dan lulus uji kompetensi pendidik PAUD,” papar Dedi Budiono, M.Pd. pada sambutan pembukaan kegiatan sosialisasi TUK Pendidik PAUD SKB Kota Yogyakarta.

Berbeda dengan guru Taman Kanak-Kanak (TK) sebagai PAUD formal uji kompetensi dilakukan melalui Pendidikan dan Latihan Profesi Guru (PLPG). Kompetensi guru berkorelasi dengan sertifikasi guru. Namun untuk pendidik PAUD nonformal belum ada kebijakan antara pendidik lulus uji kompetensi dengan insentif pendidik PAUD nonformal.

“Tahun 2019 Dinas Pendidikan Kota Yogyakarta memberikan bantuan dana melalui APBD untuk biaya uji kompetensi bagi 150 pendidik PAUD nonformal. Kebetulan TUK baru di SKB Kota Yogyakarta. Sehingga mudah dijangkau pendidik PAUD untuk mengikuti uji kompetensi, agar sesuai kualifikasi bagi pendidik PAUD dalam memberikan pengasuhan kepada peserta didik anak usia dini,” tambah Dra. Rr. Sri Hartati, Kepala Seksi PAUD Dinas Pendidikan Kota Yogyakarta.

Tempat Uji Kompetensi bertujuan untuk memfasilitasi pelaksanaan uji kompetensi bagi peserta didik kursus, pelatihan serta warga masyarakat yang belajar mandiri berdasarkan standar kompetensi yang ditetapkan. Uji Kompetensi Pendidik PAUD adalah proses pengujian dan penilaian yang dilakukan oleh penguji uji kompetensi pendidik PAUD untuk mengukur tingkat pencapaian kompetensi hasil belajar pendidik PAUD pada pelatihan, kursus, serta warga masyarakat yang belajar mandiri sebagai guru pendamping muda (level III KKNI) dan guru pendamping (level IV KKNI).

“Proses uji kompetensi ini dimaksudkan untuk memperoleh tenaga pendidik yang kompeten. Sehingga pendidik PAUD dapat melakukan tugas dan tanggung jawabnya secara profesional. Mendidik anak usia dini mencapai tahapan perkembangannya secara optimal dan maksimal. Melalui uji kompetensi, tenaga pendidik akan memperoleh sertifikat kompetensi yang merupakan bukti otentik terhadap kompetensi yang dimiliki,” pungkas Sudijarto, M.Pd., Ketua TUK Pendidik PAUD SPNF SKB Kota Yogyakarta.

Pewarta: Sabatina Rukmi Widiasih

Posted in Berita