Menu Close

SKK Pegiat Literasi Meningkatkan Budaya Literasi di Kalangan Pramuka Penegak dan Pandega

Dua puluh orang Pramuka Penegak di Kwarcab Kulon Progo mengikuti uji coba operasional SKK Pegiat Literasi di Unit II Dinas Pendidikan Kabupaten Kulon Progo pada tanggal 27 sd 31 Oktober 2017. Di samping dalam rangka pengembangan model, uji coba SKK Pegiat Literasi ini dapat meningkatkan budaya literasi di kalangan Pramuka Penegak dan Pandega.

Kini literasi tidak hanya sekedar membaca dan menulis. Konsep keaksaraan berkembang menjadi literasi yang tidak hanya terkait baca-tulis-hitung namun meliputi berbagai aspek dalam menghadapi kehidupan abad 21. Terdapat enam komponen literasi yang diujicoba yaitu (1) Literasi Baca Tulis, (2) Literasi Berhitung, (3) Literasi Sains, (4) Literasi Teknologi Informasi dan Komunikasi, (5) Literasi Keuangan, dan (6) Literasi Budaya dan Kewargaan.

Pendidik atau instruktur Saka melaksanakan pembelajaran dengan menggunakan metodik pembelajaran yang interaktif dan progresif. Prinsip dasar kepramukaan dan metodik kepramukaan yang perlu diperhatikan dalam proses pembelajaran adalah prinsip satuan terpisah, sistem beregu atau berkelompok, belajar sambil melakukan, serta dilakukan kegiatan yang menarik dan menyenangkan. Hindari banyak ceramah atau pembelajaran satu arah. Untuk mengimplementasikan hal tersebut instruktur Saka dipercayakan pada Kakak Dian Astutik Wulandari, S.Pd. dan Kakak Eko Ady Saputra, S.Pd.

Melalui kegiatan uji coba ini disimpulkan bahwa peserta mendapatkan pengalaman berharga terkait literasi yang tidak hanya sekedar baca tulis. Termasuk literasi jaman now, yaitu literasi digital, memberikan bekal kepada Pramuka Penegak agar bisa menangkal hoax di internet serta berlaku internet sehat. [fauziep]

Pewarta: Fauzi Eko Pranyono

Posted in Berita