Menu Close

Sinergitas Peran Orangtua dan Pendidik pada Proses Belajar dari Rumah

Yogyakarta (5/10/2020) BP PAUD dan Dikmas DIY menyelenggarakan Bincang Publik secara daring dengan tema “Sinergitas Peran Orangtua dan Pendidik pada Proses Belajar dari Rumah”. Bincang Publik kali ini menghadirkan Drs. Eko Sumardi, M.Pd. selaku Kepala Balai BP PAUD dan Dikmas DIY, Y. Lilik Subiyanto, M.Hum selaku Pamong Belajar BP PAUD dan Dikmas DIY, serta Titi Nugraini, S.Pd. dari TK Negeri Pembina Yogyakarta sebagai Narasumber. Acara yang dipandu oleh Panca Haryadi Awan, S.Pd tersebut diikuti oleh 716 peserta dan disiarkan melalui Zoom dan kanal Youtube.

Sambutan dan Pembukaan Kepala BP PAUD dan Dikmas DIY, Drs. Eko Sumardi, M.Pd

Bincang Publik dibuka oleh Drs. Eko Sumardi, M.Pd. yang dalam sambutannya, menyampaikan bahwa peran pendidik sangat penting untuk bekerja sama dengan orang tua murid tentang cara yang digunakan agar tercipta pembelajaran dengan baik dari rumah. “Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan sudah menerbitkan 3 judul buku pedoman yang dapat digunakan sebagai acuan orang tua untuk sarana pembelajaran dari rumah,” tambahnya.

Pemaparan materi dari Titi Nugraini, S.Pd

Titi Nugraini, S.Pd dari TK Negeri Pembina Yogyakarta menjadi narasumber pertama. Pada paparannya disampaikan bahwa pembelajaran daring adalah pilihan yang realistis di masa pandemi Covid-19. Periode Maret-Juni mungkin semua masih diam ditempat karena terjadi perubahan model pembelajaran dari tatap muka menjadi pembelajaran dari rumah dan juga permasalahan pemanfaatan penggunaan teknologi informasi masih sangat kurang. “Kebingungan tersebut akan hilang karena pemerintah hadir memberikan pencerahan dan sosialisasi tentang bagaimana cara pembelajaran dari rumah,” jelasnya.

Pemaparan materi dari YL. Subiyanto, M.Hum

Sesi selanjutnya diisi oleh Y. Lilik Subiyanto, M.Hum sebagai narasumber kedua. Materi dimulai dengan empat kewajiban orangtua di rumah. Orangtua harus belajar untuk pendampingan pembelajaran baik pada masa pandemi maupun saat pembelajaran sudah normal dengan penggunaan teknologi informasi. “Penggunaan Teknologi Informasi merupakan keniscayaan yang tidak bisa dihindari karena cepat atau lambat harus menyesuaikan dengan perkembangan tersebut,” tuturnya.

Setelah narasumber selesai menyampaikan materi dibuka sesi tanya jawab peserta dengan narasumber. Peserta juga dapat mengunduh materi di link http://bit.ly/UnduhMateriSertifikat5Okt.

Pewarta: Faizal Yuliawan

Posted in Berita