Menu Close

Simulasi Pemetaan Mutu bagi Tenaga Verifikator

Yogyakarta (16/03/2018) Pemetaan mutu merupakan upaya untuk mengetahui tingkat kelayakan menurut Standar Nasional Pendidikan. Untuk melakukan pemetaan tersebut maka pada tanggal 16 Maret 2018, BP PAUD dan Dikmas menyelenggarakan simulasi pemetaan mutu bagi verifikator PAUD dan Dikmas se-DIY. Simulasi yang berlangsung di Aula BP PAUD dan Dikmas DIY diikuti oleh 120 orang berasal dari unsur Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota, Pengawas TK, Penilik, SKB, BAP PAUD dan PNF, serta Pamong Belajar BP PAUD dan Dikmas. Pada tahun 2018 ini BP PAUD dan Dikmas DIY, mendapat jatah sejumlah 600 satuan PAUD dan Dikmas untuk dilakukan pemetaan mutu.

Simulasi pemetaan mutu di buka oleh Kepala BP PAUD dan Dikmas DIY, Drs. Bambang Irianto, M.Pd. Bambang Irianto menyampaikan simulasi pemetaan mutu ini merupakan kegiatan awal, karena masih ada kegiatan lanjutan, yaitu verifikasi dan supervisi. Kegiatan dilanjutkan dengan penyampaian materi tentang pemetaan mutu oleh Faturrohman dari Setditjen PAUD dan Dikmas, Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.  “Pemetaan mutu dapat dilakukan sendiri oleh lembaga, karena  pemetaan mutu pada dasarnya adalah input data yang dilakukan lembaga, untuk mengetahui layak dan tidak layak lembaga yang dikelolanya. Ketika lembaga tidak layak, maka  akan disupervisi (dibimbing) oleh penilik yang mempunyai kewenangan untuk melakukannya. Ketika lembaga sudah layak, dapat melakukan Evaluasi Diri Satuan (EDS), yang dapat diajukan dengan mengisi  aplikasi SisPenA Badan Akreditasi Non Formal  dan PNF lewat on-line,” kata Faturrohman. Untuk memastikan data yang diinput benar maka dilakukan kegiatan verifikasi oleh petugas (verifikator).

Kegiatan dilanjutkan dengan diskusi kelompok menjadi 5 berdasarkan asal Kabupaten/Kota. Kelima kelompok memverifikasi data sejumlah 600 lembaga yang siap input data untuk maju akreditasi pada tahun 2018.   Pada diskusi kelompok juga dilakukan pembahasan teknis pemetaan mutu yang akan dilakukan di masing-masing kabupaten/kota.

Pewarta: Hasiyati

Posted in Berita