Menu Close

Siapkan AKM Tahun Depan, BP PAUD dan Dikmas DIY Gelar Bincang Publik Bahas Strategi Hadapi AKM Pendidikan Kesetaraan

Yogyakarta (22/12/2020) Asesmen Kompetensi Minimum (AKM) sebagai pengganti Ujian Nasional dalam menentukan kelulusan siswa mulai digelar pada tahun 2021. Untuk mengulas strategi dalam menghadapinya, BP PAUD dan Dikmas DIY mengadakan bincang publik secara daring, Selasa (22/12). Narasumber pada Bincang Publik dengan tema “Strategi Menghadapi Asesmen Kompetensi Minimum Pendidikan Kesetaraan” kali ini adalah Fauzi Eko Pranyono selaku Pamong Belajar BP PAUD dan Dikmas DIY dan Eko Ady Saputra selaku Pamong Belajar SPNF SKB Kab. Kulon Progo. Bincang publik kali ini dihadiri oleh 500 peserta melalui Zoom serta siaran langsung di kanal Youtube BP PAUD dan Dikmas DIY serta dimoderatori oleh Daliyah, Pamong Belajar BP PAUD dan Dikmas DIY.

Paparan materi narasumber pertama, Drs. Fauzi Eko Pranyono

Bincang publik diawali dengan paparan materi dari narasumber pertama, yaitu Fauzi Eko Pranyono. Pada sesi pertama kali ini, Fauzi Eko Pranyono menyampaikan materi tentang Strategi Menghadapi AKM Pendidikan Kesetaraan. Dalam paparannya, AKM merupakan bagian dari Asesmen Nasional. Pada pendidikan kesetaraan, Asesmen Nasional berbeda dengan pendidikan formal. “Jika pada pendidikan formal peserta Asesmen Nasional itu sampel, 45 peserta didik per satuan pendidikan. Sedangkan pada pendidikan kesetaraan itu seluruh peserta didik kelas akhir,”jelasnya. Asesmen Nasional ini tidak menentukan kelulusan peserta didik. “Penentu kelulusan itu adalah ujian sekolah, atau Ujian Pendidikan Kesetaraan (UPK),” tambahnya. Namun, hasil AKM nanti akan menjadi dasar untuk uji penyetaraan.

Selanjutnya, Fauzi Eko Pranyono menyinggung tentang strategi yang perlu diterapkan untuk menghadapi AKM. Menurutnya, tidak perlu ada drill soal AKM. “Strateginya adalah dengan melaksanakan kurikulum 2013 sesuai dengan yang sesungguhnya, perubahan paradigma pembelajaran, dari peserta didik itu dikasih tahu, menjadi peserta didik mencari tahu” jelasnya. Setelah paparan dari Fauzi Eko Pranyono, sesi dilanjutkan dengan paparan dari narasumber kedua, yaitu Eko Ady Saputro. Pada sesi kali ini materi yang dipaparkan adalah Persiapan Asesmen Nasional oleh Satuan Pendidikan Penyelenggara Pendidikan Kesetaraan. Eko Ady Saputro menjelaskan tentang tahapan persiapan yang harus dilakukan oleh setiap satuan pendidikan serta alur proses pendataan calon peserta asesmen nasional.

Pewarta: Gita Kurnia Graha

Posted in Berita