Menu Close

Seminar Nasional Strategi Pembelajaran PAUD Siapkan Generasi Emas Sejak Dini

Yogyakarta (2/12/2020) BP PAUD dan Dikmas DIY bekerjasama dengan IGTKI-PGRI DIY menyelenggarakan Seminar Nasional dengan judul “Strategi Pembelajaran PAUD Siapkan Generasi Emas Sejak Dini”, Rabu (02/12). Narasumber pada seminar kali ini diantaranya adalah Dr. Nita Priyanti, M.Pd., selaku Dosen Universitas Panca Sakti Bekasi, Ahmad Fauzan selaku pendongeng professional, serta Drs. Eko Sumardi, M.Pd., selaku Kepala BP PAUD dan Dikmas DIY. Peserta yang bergabung mencapai 1.300 orang yang mengikuti melalui Zoom serta siaran langsung di kanal Youtube BP PAUD dan Dikmas DIY. Adapun seminar kali ini dipandu oleh Indri Purwanto, SH. selaku Pamong Belajar BP PAUD dan Dikmas DIY.

Seminar dimulai dengan sambutan dari Ketua IGTKI-PGRI DIY, Dwi Rina Dewi Sulistyaningsih, S.Pd., MM. Dalam sambutannya, Dwi Rina Dewi Sulistyaningsih, S.Pd., MM. menyampaikan bahwa seminar ini bertujuan untuk meningkatkan sumber daya profesionalitas guru taman kanak-kanak, menumbuhkan dan meningkatkan kemampuan guru dalam melaksanakan pembelajaran yang bermakna dan bekualitas. “Sehingga anak-anak kita bisa mendapatkan pengalaman belajar yang unggul, yang terbaik, yang bisa menjadi bekal untuk masa depannya,” tambahnya.

Pembukaan kegiatan secara resmi oleh Kepala BP PAUD dan Dikmas DIY, Drs. Eko Sumardi, M.Pd.

Setelah sambutan Ketua IGTKI-PGRI DIY, dilanjutkan dengan pembukaan secara resmi oleh Drs. Eko Sumardi, M.Pd selaku Kepala BP PAUD dan Dikmas DIY. Drs. Eko Sumardi, M.Pd menyampaikan bahwa pendidik serta satuan pendidik harus mempersiapkan diri dalam mendidik anak usia dini untuk menjadi generasi emas. “Kiprah kita ini benar-benar diharapkan oleh negara kita ini supaya bisa memberikan kontribusi yang positif bagi anak-anak kita,” jelasnya. Terutama pada masa pandemi kali ini untuk memastikan bahwa kegiatan belajar mengajar tetap berjalan meskipun dari rumah.

Seminar dilanjutkan dengan paparan materi dari narasumber. Paparan diawali oleh Dr. Nita Priyanti, M.Pd. Materi yang disampaikan adalah “Pembelajaran dengan Pendekatan STEAM dan Media Loosepart”. Setelah itu, dilanjutkan paparan materi yang disampaikan oleh Ahmad Fauzan, atau lebih dikenal dengan Kak Ojan. Pada kesempatan kali ini, Kak Ojan memaparkan tentang “Mendongeng Interaktif.” Kegiatan dilanjutkan dengan sesi tanya jawab antara peserta dengan narasumber.

Seminar nasional kali ini masih bisa disaksikan kembali melalui kanal Youtube BP PAUD dan Dikmas DIY. Adapun materi dari masing-masing narasumber dapat diakses di laman bit.ly/MateriSertifikatSemnasIGTKI_DIY.

Pewarta: Gita Kurnia Graha

Posted in Berita