Menu Close

Sejumlah 1596 Peserta Ikuti Lokakarya Penggunaan Aplikasi Rapor K 13 Pendidikan Kesetaraan

Yogyakarta (10/06/2020) Sebanyak 1596 peserta dari seluruh Indonesia mengikuti Lokakarya Penggunaan Aplikasi Rapor K 13 Pendidikan Kesetaraan yang diselenggarakan oleh BP PAUD dan Dikmas DIY, Rabu (10/6). Lokakarya dilaksakanan secara daring melalui Zoom serta siaran langsung di kanal YouTube BP PAUD dan Dikmas DIY. Narasumber pada kegiatan ini adalah Muhammad Kurtubi dari Forum Tutor Pendidikan Kesetaraan Nasional (FTPKN) DKI Jakarta serta Drs. Fauzi Eko Pranyono selaku Pamong Belajar BP PAUD dan Dikmas DIY. Sedangkan moderator kegiatan ini adalah Indri Purwanto, S.H dari Pamong Belajar BP PAUD dan Dikmas DIY. Lokakarya ini dilaksanakan sebagai respon setelah diluncurkannya Aplikasi Kapor K 13 untuk pendidikan kesetaraan. Sehingga perlu diadakan kegiatan untuk memperdalam penggunaan aplikasi tersebut.

Kegiatan lokakarya ini dibuka oleh Drs. Eko Sumardi, M.Pd. selaku Kepala BP PAUD dan Dikmas DIY. Pada sambutannya Drs. Eko Sumardi, M.Pd menyampaikan di tengah pandemi Covid-19 ini muncul pertanyaan tentang penulisan rapor di pendidikan kesetaraan. “Kebetulan dari Direktorat Kesetaraan tahun kemarin sudah mengembangkan aplikasi yang berkaitan dengan penulisan rapor, yang notabene mas Muhammad Kurtubi sebagai perancang aplikasi ini kita hadirkan,” jelasnya. Drs. Eko Sumardi, M.Pd pun berharap kegiatan ini bisa membantu pencerahan tentang penulisan rapor K 13.

Kegiatan dilanjutkan dengan materi Drs. Fauzi Eko Pranyono tentang Mengenal Format Rapor K 13 Pendidikan Kesetaraan. Drs. Fauzi Eko Pranyono memulai paparannya dengan dasar hukum aplikasi rapor K 13. Drs. Fauzi Eko Pranyono melanjutkan paparannya dengan menjelaskan isi yang ada dalam aplikasi rapor K 13. Dalam paparannya, Drs. Fauzi Eko Pranyono menjelaskan komponen yang ada pada setiap halaman format rapor beserta cara pengisiannya.

Selanjutkan paparan disampaikan oleh Muhammad Kurtubi. Materi yang dipaparkan oleh Muhammad Kurtubi tentang teknis pengisian nilai pada masing-masing mata pelajaran di aplikasi rapor. Muhammad Kurtubi menjelaskan bahwa aplikasi rapor ini digunakan untuk Paket B dan Paket C. Sementara untuk aplikasi rapor Paket A masih disempurnakan sebelum diluncurkan.

Materi kegiatan Penggunaan Aplikasi Rapor K 13 Pendidikan Kesetaraan dapat diunduh pada bit.ly/materirapork13. Rekaman lengkap kegiatan dapat diakses kembali melalui kanal YouTube BP PAUD dan Dikmas DIY.

Pewarta: Gita Kurnia Graha

Posted in Berita