Menu Close

Ruang Konseling HIMPAUDI Daerah Istimewa Yogyakarta: Memperkuat Ketahanan Diri di Masa Pandemi Covid-19 dalam Pandangan Religius

Yogyakarta (24/10/2020) Ruang Konseling Online yang diselenggarakan HIMPAUDI Daerah Istimewa Yogyakarta diikuti sekitar 450 peserta terdiri pendidik PAUD dan orang tua se-Daerah Istimewa Yogyakarta dan sekitarnya. Kegiatan ini dihadiri oleh Zamzami Ulwiyati Darojat, S.Ag., Ketua PW HIMPAUDI Daerah Istimewa Yogyakarta.

Zamzami Ulwiyati Darojat, S.Ag. dalam sambutan pembukaan mengatakan pendidik PAUD dalam masa pandemi covid-19 dan masa normal baru harus mempunyai keyakinan dapat bertahan baik secara ekonomi maupun sosial. Berbagai upaya dilakukan untuk menyiapkan penyelenggaraan pembelajaran daring, belajar dari rumah. Semua usaha sesuai kemampuan dan keahlian masing-masing membuka usaha untuk menopang ekonomi keluarga. Sebagaimana diketahui selama masa pandemi covid-19, masa normal baru, sampai dengan sekarang belum ada pemasukan di lembaga PAUD karena anak-anak tidak masuk sekolah. Lembaga PAUD tidak memdapatkan pemasukan. “Tidak perlu ragu dan malu untuk menjalankan usaha atau bisnis untuk mendapatkan penghasilan, dan tetap semangat memberikan pelayanan pendidikan anak usia dini”, pungkas Zamzami Ulwiyati Darojat, S.Ag.

Ketahanan diri sebagai konsep diri yang stabil dari waktu ke waktu, meliputi ketahanan fisik, ketahanan sosial, ketahanan psikologi dan ketahanan spiritual. Covid-19 berdampak adanyan krisis dan efek ketidakpastian serta menjadikan seseorang lepas kendali. Usaha yang perlu dilakukan harus siap beradaptasi, pengelolaan keahlian, saling menguatkan, peduli dan mendukung, serta menjadikan agama sebagai tempat bersandar. “Pentingnya PAUD sebagai fondasi awal pendidikan dan investasi keluarga maupun pemerintah, menuntut suatu strategi mengajar PAUD di masa pandemi Covid-19, yaitu guru berpenampilan menarik, menggunakan media yang menarik, bisa melalui cerita dan lagu. Dengan memanfaatkan bahan dan media pembelajaran yang mudah dipahami anak usia dini”, pungkas Farida Musyrifah, M.Si.

Testimoni dari Eka Wulandari, TK Bina Pemula Bandung, mengatakan, “Selama mengikuti semua kegiatan satu jam bersama Himpaudi Daerah Istimewa Yogyakarta sejak episode pertama, sangat bermanfaat. Semoga kegiatan ini terus berlangsung walaupun masa pandemi covid-19 telah berakhir”. Hal senada disampaikan oleh Erna Dwi Hayati, dari Gresik, menyampaikan, “Kegiatan konseling, parenting dan berbagai materi yang inspiratif membuat saya ingin selalu mengikuti dan menanti setiap hari sabtu. Terimakasih banyak ilmu dan wawasan untuk menjalankan pembelajaran PAUD dan meningkatkan kualitas orang tua dan guru dalam mengasuh anak kami”.

Pewarta: Sabatina Rukmi Widiasih

Posted in Berita