Menu Close

Profesionalisme GTK PAUD serta Pengelolaan Satuan PAUD di Era Adaptasi Kebiasaan Baru

Yogyakarta (07/08/2020) BP PAUD dan Dikmas DIY menyelenggarakan Seminar Nasional secara daring dengan tajuk “Profesionalisme GTK PAUD dalam Meningkatkan Kualitas Pengelolaan Satuan PAUD di Era Adaptasi Kebiasaan Baru”, Jum’at (7/8). Seminar kali ini menghadirkan Dr. Abdoellah selaku Plt. Direktur PGTK PAUD Kemdikbud, Dr. Muhammad Hasbi selaku Direktur PAUD Kemdikbud serta Drs. Eko Sumardi, M.Pd selaku Kepala BP PAUD dan Dikmas DIY sebagai narasumber dan dipandu oleh Y. Lilik Subiyanto, S.Pd., M.Hum dari Pamong Belajar BP PAUD dan Dikmas DIY sebagai moderator. Total 1322 peserta mengikuti seminar beserta dengan 100 peserta undangan dari Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota dan organisasi mitra.

Seminar resmi dibuka oleh Kepala BP PAUD dan Dikmas DIY, Drs. Eko Sumardi, M.Pd. Dalam sambutannya, Drs. Eko Sumardi, M.Pd memaparkan tentang tantangan pembelajaran yang dihadapi selama masa pandemi Covid-19. Tantangan yang dihadapi adalah perubahan pendekatan pembelajaran yang menjadi daring maupun daring dan tatap muka. Sehingga muncul pola adaptasi dari kebiasaan lama ke kebiasaan baru yang menjadi tantangan internal untuk penguatan karakter. “Dari internal ini kita harus membangun komitmen, optimisme, jiwa kreatif, inovatif, komunikatif dan adaptif,” jelasnya.

Paparan Dr. Abdoellah tentang Profesionalisme GTK PAUD dalam Meningkatkan Kualitas Pengelolaan Satuan PAUD di Era Adaptasi Kebiasaan Baru

Sesi dilanjutkan dengan paparan dari Dr. Abdoellah selaku Plt. Direktur PGTK PAUD Kemdikbud. Dr. Abdoellah memaparkan tentang profesionalisme GTK PAUD dalam meningkatkan kualitas pengelolaan satuan PAUD di era adaptasi kebiasaan baru. Profesionalisme GTK mengacu pada Undang-Undang No. 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen. Dr. Abdoellah menjelaskan, GTK profesional akan menunjang peningkatan kualitas pengelolaan satuan PAUD. “Faktor yang betul-betul dominan apakah lembaga pendidikan berkualitas atau tidak itu ada dua, satu adalah pendidikan kedua tenaga kependidikannya, seperti kepala sekolah atau pengawas,” jelasnya.

Paparan Dr. Muhammad Hasbi tentang Penyelenggaraan PAUD di Era Adaptasi Kebiasaan Baru

Sesi selanjutnya diisi dengan paparan dari Dr. Muhammad Hasbi selaku Direktur PAUD Kemdikbud tentang penyelenggaraan PAUD di era adaptasi kebiasaan baru. Dalam kebijakan empat menteri yang baru akan ada opsi satuan PAUD dapat melaksanakan pembelajaran tatap muka bersama dengan jenjang pendidikan yang lain. “Ini berlaku untuk zona yang berwarna hijau dan kuning, sedangkan zona yang berwarna oranye dan merah akan tetap belajar dari rumah sampai ada perubahan zona,” tambahnya. Selain itu, Direktorat PAUD juga memberikan fasilitasi kepada guru PAUD dalam pelaksanaan belajar dari rumah. Fasilitasinya berupa bimbingan teknis dan webinar bagi guru serta kepala satuan PAUD dan mendistribusikan buku saku fasilitasi belajar dari rumah serta video animasi.

Materi dalam kegiatan Seminar Nasional ini dapat diakses pada laman BP PAUD dan Dikmas DIY di https://pauddikmasdiy.kemdikbud.go.id

Pewarta : Gita Kurnia Graha

Posted in Berita