Menu Close

Prestasi Saka Widya Budaya Bakti Pangkalan BP PAUD dan Dikmas DIY pada Peran Saka Kwarcab Bantul

Bantul (30/09/2018) Saka Widya Budaya Kwarcab Bantul pangkalan BP PAUD dan DIY untuk pertama kali mengikuti kegiatan Perkemahan Antar Satuan Karya (Peransaka) yang diselenggarakan oleh Kwarcab Bantul dan langsung menorehkan prestasi dengan memperoleh dua Juara I Giat Prestasi.

Gerakan Pramuka Kwartir Cabang Bantul pada tanggal 28-30 September 2018 menyelenggarakan kegiatan Perkemahan Antar Satuan Karya (Peransaka) di Lapangan Dwi Windu Bantul. Peransaka adalah kegiatan bagi Pramuka Penegak dan Pandega yang merupakan gabungan dari kegiatan sembilan Satuan Karya yang berada di Kwartir Cabang Bantul yakni Saka Bahari, Saka Baktihusada, Saka Bhayangkara, Saka Kalpataru, Saka Kencana, Saka Pariwisata, Saka Wanabakti, Saka Widya Budaya Bakti, dan Saka Wirakartika. Kegiatan Peransaka tahun 2018 yang dititik beratkan pada dua pokok kegiatan yakni Pengenalan Saka dan Kegiatan Bakti yang dikemas dalam bentuk kegiatan Perkemah dengan berbagai aktivitas yang bersifat aktif, kreatif, produktif, edukatif, inovatif dan rekreatif.

Peransaka diikuti sejumlah 21 kontingen dari sembilan Satuan Karya di Kwarcab Bantul yang masing-masing kontingen terdiri 16 orang (8 orang Pramuka Penegak Pandega putra dan 8 orang Pramuka Penegak Pandega 8 putri).

Pada Peransaka Kwarcab Bantul tahun ini ada 7 kegiatan (Giat) yang meliputi 6 kegiatan non prestasi dan 1 kegiatan prestasi (Giat Prestasi). Kegiatan non prestasi meliputi Giat Keagamaan, Giat Upacara, Giat Umum, Giat Kepramukaan, Giat Bakti, dan Giat Persaudaraan. Sedangkan Giat Prestasi meliputi (1) Lomba Pidato Kesakaan, (2) Lomba Poster Grafis, (3) Lomba Cerdas Cermat Kepramukaan, (5) Lomba Senam dan (6) Lomba Karnaval. Dari lima jenis lomba yang diikuti kontingen Saka Widya Budaya Bakti pangkalan BP PAUD dan Dikmas DIY memperoleh Juara I Cerdas Cermat Kepramukaan dan Juara I Senam.

Saka Widya Budaya Bakti pangkalan BP PAUD dan Dikmas DIY mengikutsertakan satu kontingen yang tediri dari 1 sangga putra dan 1 sangga putri yang masing-masing berjumlah 8 orang, sehingga kontingen berjumlah 16 orang. “Walaupun pangkalan Saka Widya Budaya Bakti pangkalan BP PAUD dan Dikmas DIY masih relatif baru namun prestasi ini merupakan prestasi yang bisa dibanggakan dan merupakan langkah awal untuk pengembangan kegiatan Saka Widya Budaya Bakti pangkalan BP PAUD dan Dikmas DIY,” demikian ungkap Hasiyati selaku Pamong Saka.

Selanjutnya Kepala BP PAUD dan Dikmas DIY menyambut baik prestasi adik-adik Pramuka Penegak Pandega kontingen Saka Widya Budaya Bakti pangkalan BP PAUD dan Dikmas DIY. “Persiapan dan kerja keras adik-adik akan muncul menjadi pengalaman berharga dan prestasi,” demikian pesan ketika memberangkatkan kontingen pada hari Jumat 28 September 2018 di BP PAUD dan Dikmas DIY. Dan ternyata itu dibuktikan oleh adik-adik anggota Saka Widya Budaya Bakti pangkalan BP PAUD dan Dikmas DIY. [fep/fep]

Pewarta: Fauzi Eko Pranyono

Posted in Berita