Menu Close

Pramuka Penegak Kwarcab Sleman Mengikuti Ujicoba Operasional SKK Pengelola Taman Bacaan Masyarakat

Sebanyak 20 orang Pramuka Penegak yang tergabung dalam Saka Widya Budaya Bakti Kwarcab Sleman mengikuti kegiatan uji coba operasional Syarat Kecakapan Khusus Pengelola Taman Bacaan Masyarakat. Kegiatan uji coba operasional berlangsung selama lima hari yaitu pada tanggal 23 sd 27 Oktober 2017 di Gubug Pramuka Kwarcab Sleman.

“Salah satu tahapan pengembangan model adalah uji coba operasional. Uji coba operasional dilaksanakan setelah uji konseptual, hasil uji coba konseptual diperbaiki untuk diuji pada uji coba operasional,” demikian ungkap Petrus Haditihastungkoro selaku anggota Tim Pengembang dari BP PAUD dan Dikmas DIY.

Uji coba pembelajaran operasional dirancang melaksanakan silabus SKK Pengelola TBM dengan memilih sampel pokok bahasan. Pengambilan sampel silabus mempertimbangkan keterbatasan waktu yang tersedia, keterwakilan materi  dan pentingnya substansi. Uji coba ini dilaksanakan dalam bentuk latihan Satuan Karya Widya Budaya Bakti.

Selanjutnya Fauzi Eko Pranyono, selaku Ketua Tim Pengembang Model, menjelaskan bahwa Pendidik atau instruktur Saka melaksanakan pembelajaran dengan menggunakan metodik pembelajaran yang interaktif dan progresif. Prinsip dasar kepramukaan dan metodik kepramukaan yang perlu diperhatikan dalam proses pembelajaran adalah prinsip satuan terpisah, sistem beregu atau berkelompok, belajar sambil melakukan, serta dilakukan kegiatan yang menarik dan menyenangkan. Hindari banyak ceramah atau pembelajaran satu arah.

Kegiatan uji coba operasional di Gubug Pramuka Kwarcab Sleman melibatkan Kakak Arwin Pamungkas selaku pendamping lapangan. Adapun instruktur berasal dari SKB Sleman yaitu Kakak Siti Hasanah Susilowati, S.Pd., MM. dan Kakak Drs. Mayang Sutrisno, S.Pd., MM.

Pelaksanaan akhir uji coba operasional ditandai dengan pemberian dan penyematan badge Satuan Karya Widya Budaya Bakti kepada peserta oleh Kakak Petrus Haditihastungkoro. [fauziep]

Pewarta: Fauzi Eko Pranyono

Posted in Berita