Menu Close

PKBM Suko Makmur Gunung Kidul Belajar Budi Daya Sayuran

Peserta uji coba model operasional mengikuti pembelajaran budi daya tanaman sayuran

Gunung Kidul (09/10/2019) Tim pengembang model Balai Pengembangan PAUD dan Pendidikan Masyarakat DIY menyelenggarakan ujicoba bahan ajar interaktif multitema pada pendidikan multikeaksaraan di  Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Suko Makmur di Dusun Sanglor 2, Girisuko, Panggang, Gunungkidul.

Tim pengembang model BP PAUD Dikmas DIY mengajak para peserta belajar bersama, mulai dari membaca, menulis dilanjutkan dengan audiovisual dengan menonton video bagaimana cara bertanam pohon dan sayuran yang benar. Kegiatan ini bertujuan untuk menguji model yang dikembangkan oleh BP PAUD dan Dikmas DIY, di samping itu sekaligus diharapkan mampu menambah keterampilan peserta uji coba model.

Sekitar 20 peserta PKBM Suka Makmur dusun Sanglor II yang terdiri dari kaum ibu-ibu tampak antusias mengikuti pembelajaran budi daya tanaman sayuran dalam rangka uji coba model operasional yang dilaksanakan oleh tim pengembang BP PAUD dan Dikmas DIY yang terdiri Dra. Rukayah, Agus Hari Prabowo, M.Pd. dan Drs. Bakti Riyanta. Peserta uji coba adalah peserta didik pendidikan keaksaraan. Dalam rangka uji coba model operasional tersebut tim pengembang juga mengajak peserta mempraktikkan langsung cara menanam pohon dan bibit sayuran yang benar sehingga memberikan hasil yang diharapkan.

Sejumlah bibit disediakan oleh tim pengembang model BP PAUD dan Dikmas DIY sebagai sarana belajar antara lain 100 bibit terong ungu dan hijau, 150 bibit cabai keriting, 100  cabe rawit,  50 bibit salada dan 45 bibit kol.  Kegiatan menanam bibit sayuran dimulai dari menyemai bibit di atas pupuk dengan media kantung plastik atau polibag.

Menurut Drs. Bakti Riyanta Pamong Belajar BP PAUD dan Dikmas DIY, pembelajaran budi daya tanaman sayuran ini diadakan untuk menambah keterampilan warga dalam berwirausaha di bidang pertanian sebagai bahan ajar interaktif multitema pada pendidikan multikeaksaraan.

Adapun tujuan uji coba model operasional ini adalah melihat kembali tingkat kemampuan peserta PKBM Suko Makmur dalam membaca dan menulis, sekaligus memberikan pembekalan cara menanam bibit sayuran agar masyarakat  mempunyai keterampilan untuk berwirausaha dalam bidang pertanian melalui bahan ajar yang dikembangkan.

Pewarta: Atin Qomariyah AMd, S.Sos.

Posted in Berita