Menu Close

Permainan Bermakna di Rumah Selama Dampingi Anak Belajar Dari Rumah

Yogyakarta (09/102020) Webinar Kelas Orang Tua Berbagi yang diselenggarakan oleh BP PAUD dan Dikmas DIY pada Jumat, (09/10) telah memasuki episode keempat. Webinar yang diselenggarakan melalui Zoom serta siaran langsung Youtube ini diikuti oleh 709 peserta. Pada episode kali ini mengangkat tema “Permainan Bermakna di Rumah”. Narasumber yang mengisi adalah Irine Kurniastuti, M.Psi. selaku Dosen PGSD Universitas Sanata Dharma Yogyakarta, Eliya Banu Fitriana, Orang Tua di PAUD Terpadu Az-Zahra, serta Nurlistiyati, Orang Tua di TPA KB Putera Sembada Sleman. Adapun M.Th. Yetti Pudiyantari, M.Pd selaku Pamong Belajar Madya BP PAUD dan Dikmas DIY yang menjadi moderator pada episode keempat.

Sambutan dan pembukaan Kepala BP PAUD dan Dikmas DIY, Drs. Eko Sumardi, M.Pd

Kepala BP PAUD dan Dikmas DIY, Drs. Eko Sumardi, M.Pd membuka secara resmi webinar kali ini. Dalam sambutannya, Drs. Eko Sumardi, M.Pd menyampaikan bahwa kita memiliki banyak sekali permainan yang bermakna, yaitu permainan tradisional yang sering dimainkan saat kecil. Namun saat ini permainan tradisional sudah jarang terlihat dimainkan oleh anak-anak. “Mungkin di episode ini bisa menghidupkan permainan-permainan tradisional yang penuh bermakna itu menjadi sebuah permainan yang digemari anak-anak sekarang ini. Dikemas dengan kemasan yang lebih menarik yang disesuaikan dengan perkembangan jaman,” harapnya.

Kegiatan dilanjutkan dengan paparan dari Nurlistiyati, Orang Tua di TPA KB Putera Sembada Sleman. Nurlistiyati mengkisahkan tentang praktik baik dalam memilih permainan yang bermakna di rumah dengan judul “Asyiknya Bermain di Rumah”. Dalam kisahnya, Nurlistiyati menceritakan tentang aktivitas yang dilakukan untuk menghilangkan kebosanan anak selama belajar di rumah. Kisah praktik baik selanjutnya disampaikan oleh Eliya Banu Fitriana, Orang Tua di PAUD Terpadu Az-Zahra, berjudul “Semangat Baru Untuk Aleena”. Eliya menceritakan kisah ini karena semenjak pandemi yang mengharuskan untuk belajar dari rumah semangat Aleena, ananda dari Eliya, sedikit menurun. Sehingga dilakukan beragam aktivitas yang dilakukan selama belajar dari rumah dengan bantuan bahan ajar dari PAUD Terpadu Az-Zahra.

Paparan dari narasumber ahli Irine Kurniastuti, M.Psi

Sesi selanjutnya adalah paparan dari Irine Kurniastuti, M.Psi dengan judul “Anak-anak Menyukai Bekerja dan Bermain”. Irine Kurniastuti, M.Psi menyampaikan bahwa dari kisah yang telah disampaikan sebelumnya menunjukkan bahwa sebenarnya anak-anak menyukai bekerja dan bermain. Permainan yang diberikan kepada anak dapat disesuikan dengan level perkembangan anak untuk menstimulasi perkembangan anak.

Peserta dapat mengunduh materi yang disampaikan dalam webinar kali ini pada bit.ly/DownloadMateriSertifikatOrtuBerbagi_Eps4. Peserta juga dapat mengikuti kembali rekaman kegiatan webinar episode kali ini di kanal Youtube BP PAUD dan Dikmas DIY.

Pewarta: Gita Kurnia Graha

Posted in Berita