Menu Close

Penuntasan Diklat Berjenjang Tingkat Dasar Bagi Pendidik PAUD di Kabupaten Sleman

Sleman (01/10/2018) Sebanyak 68 pendidik PAUD dari TK, KB, TPA, SPS se-Kabupaten Sleman mengikuti Diklat Berjenjang Tingkat Dasar (Diksar) yang diselenggarakan oleh HIMPAUDI Daerah Kabupaten Sleman pada tanggal  24-29 September 2018. Peserta yang mengikuti kegiatan tersebut dengan biaya mandiri berjumlah 40 orang, sedangkan 28 orang lainnya dibiayai oleh anggaran Pemerintah Desa Condongcatur Depok Sleman.

Kegiatan Diklat Berjenjang Tingkat Dasar dibuka oleh Drs. Muji Harjana, Kepala Unit Pelaksana Teknis Pelayanan Pendidikan (UPT Yandik) Kecamatan Depok pada tanggal 24 September 2018 di Aula Balai Desa Condongcatur Sleman. Drs. Muji Harjana menyampaikan pesan dalam sambutannya bahwa kegiatan ini sangat disambut baik oleh segenap pihak yang terkait dalam peningkatan kompetensi pendidik PAUD. “Harapannya program ini akan ditiru dan diteruskan menjadi agenda rutin yang diselenggarakan oleh pemerintah desa di wilayah Kabupaten Sleman,” tambah Muji Harjana.

Materi yang disampaikan dalam Diksar ini meliput tentang (1) Konsep dasar PAUD, (2) Perkembangan Anak, (3) Pengenalan ABK, (4) Cara Belajar Anak, (5) Perencanaan Pembelajaran, (6) Penilaian Perkembangan Anak, (7) Kesehatan dan Gizi AUD,  (8) Komunikasi dalam Pengasuhan, (9) Etika dan Karakter Pendidik, serta (10) Pembelajaran dengan teman Sejawat. Narasumber materi berasal dari Dinas Pendidikan Kabupaten Sleman, dan tim pelatih dari HIMPAUDI Daerah yang telah mengikuti Pelatihan Calon Pelatih Diklat Berjenjang.

Diksar yang diselenggarakan kali ini memiliki perbedaan dengan Diksar sebelumnya. Perbedaannya terletak pada materi yang disampaikan merupakan materi yang sudah diperbaharui oleh Direktorat Pembinaan PAUD. Jumlah jam pembelajarannya juga telah disesuaikan dengan aturan yang terbaru. Tugas Mandiri setelah pelaksanaan Diksar menitikberatkan pada bagaimana kreativitas pendidik dalam merancang sebuah pembelajaran di kelas. Pembelajaran yang menarik, menyenangkan, dan bermakna dengan menggunakan pendekatan saintifik.

Ketua HIMPAUDI Daerah Kabupaten Sleman, Sri Mardianti, S.T., menyampaikan bahwa penuntasan diksar bagi pendidik PAUD sebagai langkah awal persiapan pelaksanaan Uji Kompetensi (UK). Lebih lanjut disampaikan Sri Mardianti bahwa dengan mengikuti diksar, pendidik diharapkan menjadi lebih kreatif, inovatif, dalam menerapkan Kurikulum 2013 secara tepat guna sesuai sasaran usia anak. Pendidik dapat menjadi pribadi yang menyenangkan bagi anak, serta  memiliki kemampuan mengajak anak bermain dan belajar dengan maksimal melalui proses 5M (mengamati, menanya, mengumpulkan informasi, mengasosiasikan, mengomunikasikan). Proses saintifik tersebut dilakukan dengan tetap berpusat pada anak (children center).

Pewarta: Vivi Kusumastuti

Posted in Berita