Menu Close

Penilaian Best Practice PTK PAUD dan Dikmas di Masa Pandemi Covid-19

Yogyakarta (07/09/2020) BP PAUD dan Dikmas DIY menyelenggarakan Penilaian Tahap Presentasi Best Practice PTK PAUD Dikmas tahun 2020. Acara dilangsungkan yang secara virtual melalui Zoom ini diikuti 36 orang peserta dari enam kategori. Kegiatan Best Practice ini mengusung tema “Karya Nyata PTK PAUD Dikmas selama masa Pandemi Covid-19”.

Kegiatan Best Practice PTK PAUD Dikmas tahun 2020 merupakan sebuah lomba penulisan karya nyata yang didasarkan pada pengalaman terbaik pendidik dan tenaga kependidikan selama pembelajaran dari rumah dalam masa pandemi covid-19 ini. Terdapat 6 Kategori yang dilombakan, yaitu Pengawas TK, Penilik, Pamong Belajar, Pendidik KB/ TPA/ SPS, Guru TK, dan Tutor Pendidik Kesetaraan. Setelah dilakukan penilaian naskah pada tanggal 24-28 Agustus 2020 oleh tim juri, terpilih 6 peserta terbaik dari masing-masing katergori yang maju ke dalam tahap penilaian presentasi kali ini.  Penilaian presentasi berlangsung pada 7-9 September 2020 dengan menggunakan Zoom.

Pembukaan dan sambutan dari Kepala BP PAUD dan Dikmas DIY, Drs. Eko Sumardi, M.Pd

Penilaian Tahap Presentasi Best Practice resmi dibuka oleh Kepala BP PAUD dan Dikmas DIY, Drs. Eko Sumardi, M.Pd. Dalam sambutannya, Drs. Eko Sumardi, M.Pd, menuturkan bahwa terjadinya pandemi covid-19 memaksa semua pihak untuk melakukan perubahan signifikan terhadap sistem pembelajaran, perubahan yang terjadi bahkan hampir seratus delapan puluh derajat mulai yang awalnya melalui tatap muka menjadi media daring. “Lomba Best Practice merupakan apresiasi bagi pendidik dan tenaga kependidikan yang telah berjuang dan bekerja keras untuk dapat terus memberikan ilmunya kepada peserta didik meskipun harus melalui media daring,” tambahnya.

Setelah dilakukan penilaian presentasi oleh tim juri maka nilai tersebut akan digabungkan dengan nilai naskah. Adapun bobot nilai presentasi 60% dan bobot naskah 40%. Selanjutnya dipilih 3 terbaik untuk masing-masing kategori yang akan mendapatkan penghargaan dan hadiah. Juara pertama setiap kategori diberi kesempatan untuk memaparkan karya terbaiknya dalam kegiatan seminar Best Practice yang akan difasilitasi oleh BP PAUD dan Dikmas DIY pada bulan Oktober 2020.

Pewarta: Faizal Yuliawan

Posted in Berita