Menu Close

Penguatan Mental Spiritual dan Persiapan Ujian Pendidikan Kesetaraan Paket C SPNF Sanggar Kegiatan Belajar Kota Yogyakarta

Yogyakarta (10/03/2021) UPT SPNF Sanggar Kegiatan Belajar Kota Yogyakarta melaksanakan kegiatan Penguatan Mental Spiritual dan Persiapan Ujian Pendidikan Kesetaraan Paket C SPNF SKB Kota Yogyakarta Tahun Pelajaran 2020/2021. Kegiatan ini diikuti oleh 28 peserta didik setara kelas XII dengan narasumber Drs. Sutikno, Dosen Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa Yogyakarta.

Sudijarto, M.Pd., Kepala UPT SPNF Sanggar Kegiatan Kota Yogyakarta menjelaskan bahwa sebagai sejenis pendidikan nonformal mempunyai fungsi menangani masyarakat yang kurang beruntung dalam aspek ekonomi dan aspek sosial. Pendidikan nonformal ibarat bengkel kemanusiaan agar menjadi manusia seutuhnya dengan tujuan hidup dan percaya diri meraih masa depan. Dengan belajar dan ketekunan maka setiap usaha akan menemukan suksesnya. Ujian Pendidikan Kesetaraan (UPK) berfungsi sebagai penyetaraan Ujian Nasional (UN) dan sebagai penentu kelulusan. Oleh karenanya harus dipersiapkan semua dalam upaya persiapan mengikuti UPK, semoga sukses lulus semua dan melanjutkan ke jenjang pergururan tinggi, mengikuti jejak alumni yang telah menjadi guru, dosen, Pegawai Negeri Sipil, ataupun menjadi pengusaha.

Drs. Sutikno yang akrab disapa Ki Sutikno memaparkan manusia sukses memandang eksistensi energi bukan sekedar melihat eksistensi fisik. Orang yang egois, pembenci dan pendendam, menjadi manusia produk gagal. Orang yang peka dan cepat tanggap akan menggunakan semua indera dalam mencapai tujuan dan sukses. Menjadi manusia mulia diawali berfikir selalu positif, eksistensi jiwa, belajar untuk merasakan, memahami diri sendiri dan lingkungan. “Semangat belajar menuju manusia sukses, berusaha menjadi manusia berjiwa mulia. Belajar, belajar lagi, dan terus belajar. Semoga sukses melaksanakan ujian,” pungkas Ki Sutikno.

Pewarta: Sabatina Rukmi Widiasih

Posted in Berita