Menu Close

Penghargaan Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta Anugerah Prestasi Peraih Bintang Bidang Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga

Yogyakarta (19/12/2018) Penghargaan bagi peraih prestasi yang dapat mengharumkan Daerah Istimewa Yogyakarta dalam berbagai lomba dan kejuaraan tingkat nasional dan maupun internasional di Gedung Olah Raga (GOR) Amongrogo. Diselenggarakan Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Daerah Istimewa Yogyakarta. Hadir dalam pemberian anugerah prestasi diantaranya Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta, Ketua KONI Daerah Istimewa Yogyakarta, DPRD Daerah Istimewa Yogyakarta Komisi D, Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Daerah Istimewa Yogyakarta, Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Daerah Istimewa Yogyakarta, Kepala LIPI Daerah Istimewa Yogyakarta, Bupati dan Walikota se Daerah Istimewa Yogyakarta, Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota se Daerah Istimewa Yogyakarta, 439 penerima Anugerah Prestasi Bidang Pendidikan, Pemuda dan Olahraga Tahun 2018, Kepala Sekolah/Lembaga dan orangtua para penerima penghargaan, 18 atlet dan pelatih Asian Para Games 2018.

Anugerah Prestasi Tahun 2018 diberikan kepada 439 penerima penghargaan sebagai apresiasi dan ungkapan terima kasih atas keberhasilan para peserta didik, pendidik dan tenaga kependidikan, pemuda, atlet, serta lembaga penyelenggara pendidikan formal dan non formal yang telah berprestasi di tingkat nasional maupun internasional. Dengan total capaian 69 medali emas, 76 medali perak, 87 medali perunggu, dan 5 penghargaan terbaik, serta 6 penghargaan kategori khusus.

Penyelenggaraan Anugerah Prestasi bertujuan mendorong generasi berikutnya untuk mengikuti jejak prestasi para seniornya. Merangsang dan menumbuhkan bakat prestasi pelajar, mahasiswa dan masyarakat generasi muda untuk mengasah kemampuan dan membiasakan diri berkompetisi. Membangun budaya berkompetisi positif di kalangan pelajar untuk terus mengembangkan potensi kemampuan di bidang akademik, sains/penelitian, kreativitas, seni, pemuda dan olahraga.

“Dengan diberikannya penghargaan dari Pemerintah Daerah Istimewa Yogyakarta, diharapkan dapat mendorong tumbuh lebih banyak lagi insan-insan pendidikan dan cendikia kreatif, atlet, pemuda serta seniman yang mampu mengukir prestasi istimewa dengan karakter mulia untuk menggapai masa depan dan kejayaan bangsa. Terbukti tiap tahun ada peningkatan jumlah penerima penghargaan. Prestasi tinggi, jujur pasti. Pelajar Yogyakarta bersahabat,” pungkas Drs. R. Kadarmanta Baskara Aji, Kepala Dinas Dikpora Daerah Istimewa Yogyakarta.

Merujuk pada Programme for Internasional Student Assesment (PISA) literasi sains tidak semata-mata berupa pengukuran tingkat pemahaman terhadap pengetahuan sains. Namun termasuk pemahaman terhadap berbagai aspek proses sains dalam kehidupan nyata yang dihadapi peserta didik, baik sebagai individu, anggota masyarakat, dan warga dunia. Demikian halnya PISA bertujuan memonitor hasil sistem pendidikan. Indonesia tercatat masih lemah dalam kemampuan literasi sains. Faktanya, nilai rata-rata tes literasi sains anak Indonesia masih rendah. Hasil tersebut menempatkan Indonesia pada peringkat ke-38 dari 41 negara peserta PISA.

“Momentum pemberian penghargaan atas prestasi yang telah diraih ini diharapkan menjadi motivasi dalam berkarya dan mengabdi. Melakukan olah karya dengan ulet, menjadi pekerja keras atas usaha sendiri agar mampu mempertahankan prestasi. Agar tidak terjadi mandulnya inovasi dan kreatifitas sehingga tertinggal dengan bangsa lain,” tegas Sri Sultan Hamengku Buwono X, Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta mengakhiri sambutannya.

Pewarta: Sabatina Rukmi Widiasih

Posted in Berita