Menu Close

Pengelolaan Gawai Untuk Mendukung BDR

Yogyakarta (11/9/2020) BP PAUD dan Dikmas D. I. Yogyakarta menyelenggarakan webinar dengan tema “Pengelolaan Gawai untuk Mendukung Kegiatan Belajar dari Rumah (BDR)” yang diikuti oleh 923 peserta. Narasumber webinar tersebut adalah Drs. Eko Sumardi, M.Pd selaku Kepala BP PAUD dan Dikmas DIY, Dr. Kulsum Nur Hayati, dari BPMRPK, Fitria Ratu Ayu M.Si, serta Zamzani Ulwiyati dari TPA Al Fitroh selaku narasumber praktisi.

Pembukaan dan sambutan Kepala BP PAUD dan Dikmas DIY, Drs. Eko Sumardi, M.Pd.

Webinar dibuka oleh Drs. Eko Sumardi, M.Pd. Dalam sambutannya, Drs, Eko Sumardi, M.Pd menjelaskan bahwa adanya pandemi covid-19 menjadikan perubahan yang mendadak dalam sektor pendidikan dan sebagainya.“Mau tidak mau, Suka tidak suka kita sementara tidak dapat melakukan kegiatan menggunakan metode tatap muka dan beralih menjadi media daring” jelasnya.“Pemanfaatan teknologi Informasi sangat dibutuhkan untuk melanjutkan kegiatan belajar mengajar dengan memanfaatkan gawai yang dimiliki”, tambahnya.

Sesi selanjutnya diisi oleh Zamzani Ulwiyati sebagai nasarumber pertama dengan materi “Pemanfaatan Gawai sebagai Bagian dari Media Edukasi Anak Usia Dini”. Dalam paparannya Zamzani Ulwiyati menjelaskan bahwa terdapat gawai yang dapat dimanfaatkan untuk sarana pembelajaran antara lain laptop dan smart phone. Dalam gawai tersebut orang tua dan anak dapat memanfaatkan berbagi manfaat pembelajaran karena kecanggihan teknologi di dalamnya.

Narasumber kedua adalah Fitria Ratu Ayu, M.Psi., yang mengusung materi berjudul “Memanfaatkan Gawai, untuk mendampingi Buah Hati”. Pada awal paparan dijelaskan tentang kesulitan yang dilalui karena tidak terbiasa melakukan pembelajaran dari rumah menggunakan gawai. Fitria Ratu Ayu  menjelaskan juga tentang metode agar anak tidak bosan belajar dari rumah dengan memanfaatkan gawai.

Sesi ketiga diisi oleh Dr. Kulsum Nur Hayati, M.Si dengan materi “Pengelolaan Gawai untuk Mendukung BDR PAUD”. Lebih lanjut dijelaskan bahwa sebagai orang tua kita harus mengenali, mengetahui, dan membatasi seberapa lama anak dalam bermain gadget. Lebih lanjut Kulsum Nur Hayati menjelaskan manfaat dari penggunaan gawai untuk anak untuk stimulasi perkembangan anak. Terakhir disampaikan saran pengelolaan gawai yang baik untuk mendukung kegiatan BDR.

Setelah narasumber selesai menyampaikan materi, dibuka sesi tanya jawab untuk peserta. Peserta juga dapat mengakses materi yang disampaikan narasumber melalui tautan http://bit.ly/MateriKelasOrtuBerbagi_Eps1.

Pewarta: Faizal Yuliawan

Posted in Berita