Menu Close

Pengawas TK dan Penilik PAUD Mengikuti Bimtek Pemenuhan Standar Nasional Pendidikan

Peserta bimbingan teknis mengikuti materi kebijakan umum.

Yogyakarta (04/07/2019) Sebanyak 97 orang Pengawas TK dan Penilik PAUD se-Daerah Istimewa Yogyakarta mengikuti bimbingan teknis implementasi standar nasional pendidikan di BP PAUD dan Dikmas DIY selama tiga hari mulai tanggal 4 sd 6 Juli 2019.

Ketua Panitia kegiatan, Wheni Haslinawati, menyampaikan bahwa tujuan kegiatan bimbingan teknis ini adalah untuk meningkatkan pengetahuan, kemampuan dan keterampilan Penilik PAUD dan Pengawas TK dalam mengimlementasikan Standar Nasional Pendidikan pada Satuan PAUD. Hal tersebut sejalan dengan fungsi pengawas dan penilik sebagai pengendali mutu satuan pendidikan di wilayah kerjanya. Harapannya pengawas dan penilik dapat memutahirkan terkait dengan kebijakan pemenuhan mutu dan akreditasi.

Pengarahan Kepala BP PAUD dan Dikmas DIY, Eko Sumardi, M.Pd., pada pembukaan bimbingan teknis.

Kepala BP PAUD dan Dikmas DIY, Eko Sumardi, menyatakan bahwa pada saat ini mutu satuan PAUD dan pendidikan masyarakat adalah yang utama. Penilik dan pengawas memiliki tanggung jawab dalam pengembangan mutu satuan pendidikan PAUD dan pendidikan masyarakat. “Oleh karena itulah kami menyelenggarakan bimbingan teknis ini diselenggarakan agar penilik dan pengawas mampu membimbing satuan PAUD dalam memenuhi standar nasional pendidikan serta bisa mengusulkan akreditasi,” demikian ungkap Kepala BP PAUD dan Dikmas DIY. “Saat ini di Indonesia untuk mengukur mutu adalah akreditasi, oleh karena Bapak Ibu setelah selesai bimbingan teknis dapat membimbing satuan PAUD,” tambah Eko Sumardi.

Narasumber bimbingan teknis terdiri dari pamong belajar BP PAUD dan Dikmas serta BAN PAUD dan PNF Provinsi DIY. Agar penilik dan pengawas lebih intensif dan efektif dalam memberikan bimbingan kepada satuan PAUD diberikan pula pembekalan teknis tentang aplikasi Sispena 2.0. Sedangkan substansi bimbingan pemenuhan delapan standar nasional pendidikan disampaikan oleh tim narasumber pamong belajar BP PAUD dan Dikmas DIY. Hadir pula narasumber pusat dari Direktorat Pembinaan Pendidikan Anak Usia Dini yaitu Bapak Jakino yang memberikan pembekalan kepada peserta. [fauziep]

Pewarta: Fauzi Eko Pranyono

Posted in Berita