Menu Close

Penerapan Modul Pembelajaran PAUD dari Rumah sebagai Impelemntasi Kurikulum di Masa Pandemi Covid-19

Yogyakarta (18/09/2020) BP PAUD dan Dikmas D.I.Yogyakarta menyelenggarakan Webinar secara daring, Jumat (18/9). Webinar kali ini mengangkat tema “Penerapan Modul Pembelajaran Dari Rumah PAUD Sebagai Implementasi Kurikulum di Masa Pandemi Covid-19” yang diikuti oleh 466 peserta melalui Zoomn dan live streaming di kanal Youtube BP PAUD dan Dikmas D.I.Yogyakarta. Narasumber webinar adalah Prima Suci Rohmadheny, M.Pd, selaku dosen PG PAUD FKIP Universitas Ahmad Dahlan, Aini Husna selaku orang tua di KB Namyra Hidayat Sleman, serta Siti Muntowiyah selaku orang tua di TK Al-I’Dad An-Nuur Sleman. Webinar kali ini di moderatori oleh Indri Purwanto, S.H., Pamong Belajar Muda pada BP PAUD dan Dikmas DIY.

Sambutan Kepala BP PAUD dan Dikmas DIY, Drs. Eko Sumardi, M.Pd

Kepala BP PAUD dan Dikmas DIY, Drs. Eko Sumardi, M.Pd. dalam sambutan pembukaan menyatakan “Dengan pandemi ini juga banyak satuan – satuan PAUD yang berdiri yaitu, satuan PAUD dirumah, harus kita tangkap, karena memang pandemi ini kita tidak memungkinkan mengumpulkan anak pada satuan, karna resiko nya sangat tinggi, apalagi sekarang ini kita tau bahwa covid-19 tidak semakin mereda, covid-19 semakin menjadi, yang tertular, yang kena Covid-19, maka dari itu belajar dari rumah apalagi anak anak kita, wajib harus dilakukan”. Pemerintah tidak lepas tangan, dengan memberi menyiapkan acuan pembelajaran dengan menyediakan buku-buku pembelajaran anak-anak PAUD belajar dari rumah, ada 12 buku yang sudah diterbitkan oleh Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan melalui Direktorat PAUD Ditjen PAUD Dikdasmen.

Materi selanjutnya diisi oleh narasumber pertama yaitu Aini Husna, Orang Tua di KB Namyra Hidayat Sleman. Aini Husna menceritakan pengalaman bermain dan belajar bersama anak-anak dengan penerapan modul buku dari Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan Direkotrat PAUD. Aini Husna menjelaskan yang diterapkan oleh anak-anak nya dengan beberapa materi, yaitu bermain bahasa, bermain matematika, dan bermain musik.

Materi selanjutnya diisi oleh narasumber kedua yaitu Siti Muntowiyah, Orang Tua Al-I’Dad An-Nuur Sleman, dalam materinya Siti Muntowiyah menjelaskan tentang “Sharing pengalaman praktik baik yang sudah dilakukan selama mendampingi putra-putri ketika belajar dirumah” tambahannya, Siti Muntowiyah menjelaskan dan menceritakan bagaimana pengalaman memberikan pembelajaran pada anaknya, ada beberpaa yang dilakukan Siti Muntowiyah yaitu, pentingnya bermain bagi anak, bermain seni kriya, dan bermain sains.

Sesi selanjutnya diisi dengan materi narasumber yaitu Prima Suci Rohmadheny, M.Pd, Dosen PG PAUD FKIP Universitas Ahmad Dahlan. Materi yang disampaikan oleh Prima Suci Rohmadheny berjudul “Implementasi Kurikulum PAUD dimasa Pandemi Covid-19” dengan menjelaskan beberapa implementasi kurikulum pada PAUD from home selama pandemic, yaitu orang tua dan guru kerjasama untuk melaksanakan prinsip ini, kerjasama antar guru dan orang tua, peran guru dan orang tua, kesiapan orang tua mendampingi anak bermain dirumah selama pandemi, dann yang perlu disiapkan bagi orangtua dalam mendampingi anak bermain dirumah selama pandemi.

Pewarta: Inas Pancarsari

Posted in Berita