Menu Close

Pendidik PAUD Bertahan dan Berkembang di Masa Pandemi

Yogyakarta (22/02/2021) BP PAUD dan Dikmas DIY kembali menyelenggarakan webinar dengan tema “Ketahanan Pendidik PAUD di Masa Pandemi Covid-19”. Webinar kali ini terselenggara berkat kerjasama dengan Himpaudi DIY. Webinar diikuti oleh 800 peserta melalui Zoom serta siaran langsung di Kanal Youtube BP PAUD dan Dikmas DIY. Narasumber yang hadir untuk membahas tema tersebut diantaranya Asnan Iswadi, S.Pd.I., pendidik PAUD Aisyiyah Nurul Ilmi serta Nur Cholimah, M.Pd., dosen UNY. Adapun moderator pada webinar kali ini adalah M.Th. Yetti Pudiyantari, M.Pd., Widyaprada BP PAUD dan Dikmas DIY.

Kegiatan diawali dengan sambutan dari Ketua Himpaudi DIY, Zamzami Ulwiyati Darojat, S.Ag. Beliau menyampaikan bahwa narasumber yang hadir dapat menjadi inspirasi bagi peserta lain dalam usahanya bertahan di masa pandemi. “Bagaimana bisa berkembang, menyikapi permasalahan ini tidak dengan keluhan tetapi dengan suatu upaya maksimal,” jelasnya. Untuk dapat berkembang, maka harus bertahan terlebih dahulu.

Webinar dilanjutkan dengan pembukaan oleh Kepala Sub Bagian Tata Usaha BP PAUD dan Dikmas DIY, Basri Hananta, M.Pd. Dalam sambutannya, Basri Hananta, M.Pd. menjelaskan berbagai tantangan yang dihadapi oleh pendidik PAUD selama pandemi. Salah satu cara yang dapat dilakukan pengelola maupun pendidik PAUD dalam bertahan adalah dapat mengakses informasi yang ada di luar terkait dengan bantuan yang diberikan oleh Kemdikbud. “Kemdikbud sebenarnya sudah menggelontorkan dana bantuan operasional, tentu (peserta) harus bisa mengakses itu,” tambahnya.

Pemaparan materi dari narasumber pertama, Asnan Iswadi, S.Pd.I

Sesi dilanjutkan dengan paparan dari narasumber. Sesi pertama diisi dengan paparan dari Asnan Iswadi, S.Pd.I dengan judul “Bertahan dan Tetap Berkarya di Masa Pandemi Covid-19”. Asnan Iswadi, S.Pd.I berbagi pengalaman untuk bertahan dalam masa pandemi dengan tiga spiritnya, yaitu Spirit Spiritual, Spirit Internal dan Spirit Eksternal.

Pemaparan materi dari narasumber kedua, Nur Cholimah, M.Pd

Sesi kedua dilanjutkan paparan dari Nur Cholimah, M.Pd. Pada kesempatan kali ini, materi yang dipaparkan adalah Daya Lentur Pendidik PAUD dalam Bertahan di Saat Pandemi. Nur Cholimah, M.Pd memberikan penguatan tentang cara agar dapat bertahan selama pandemi bagi pendidik serta pengelola PAUD.

Pewarta: Gita Kurnia Graha

Posted in Berita