Menu Close

Pendampingan Satuan Pendidikan PAUD dan SLB untuk Program Sekolah Penggerak

Yogyakarta (26/02/2021) Program Sekolah Penggerak telah diluncurkan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Meskipun program ini berskala nasional, namun pelaksanaannya bertahap di beberapa kabupaten/kota. Kabupaten Gunungkidul merupakan salah satu kabupaten yang dijadikan sasaran pada tahun 2021. Pelbagai upaya mulai dilakukan oleh BP PAUD dan Dikmas DIY dalam mengawal serta mensukseskan Program Sekolah Penggerak dengan menyelenggarakan Pendampingan Program Sekolah Penggerak bagi Satuan PAUD dan SLB di Kabupaten Gunungkidul secara daring melalui Zoom, Jumat (26/02). Kegiatan ini dihadiri oleh undangan yang berasal dari Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga DIY, LPMP DIY, tenaga kependidikan TK, SLB, Pengawas TK dan Pengawas SLB. Hadir pula Plt. Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Gunungkidul, Ir. Eddy Praptono, M.Si. dan Plt. Kepala BP PAUD dan Dikmas DIY, Drs. Eko Sumardi, M.Pd. Adapun moderator yang memandu jalannya kegiatan kali ini adalah M.Th. Yetti Pudiyantari, M.Pd dari Widyaprada BP PAUD dan Dikmas DIY.

Sambutan dari Plt. Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Gunungkidul, Ir. Eddy Praptono, M.Si.

Kegiatan dibuka dengan sambutan dari Plt. Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Gunungkidul, Ir. Eddy Praptono, M.Si. Dalam sambutannya, Ir. Eddy Praptono, M.Si menuturkan bahwa program ini sangat menarik karena adanya pengimbasan. “Pengimbasan kali ini tidak hanya mengimbaskan keilmuan saja, namun juga sikap dan perilaku,” jelasnya. Guna mendukung program ini, Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga Kabupaten Gunungkidul telah menyiapkan pendamping bagi sekolah. “Kami juga sedang melaksanakan Musrenbang tahun 2022 dan program ini telah masuk dalam agenda kegiatan tahun 2022 karena pada tahun 2021 ini kita harus refocusing anggaran,” tambahnya.

Pemaparan materi dari Plt. Kepala BP PAUD dan Dikmas DIY, Drs. Eko Sumardi, M.Pd

Kegiatan dilanjutkan dengan materi dari Plt. Kepala BP PAUD dan Dikmas DIY, Drs. Eko Sumardi, M.Pd tentang perkembangan pendaftar Program Sekolah Penggerak. Drs. Eko Sumardi, M.Pd menjelaskan bahwa kegiatan ini merupakan tindak lanjut dari dilaksanakannya sosialisasi tentang Program Sekolah Penggerak di Kabupaten Gunungkidul. Hingga kegiatan pendampingan dilaksanakan, pendaftar program ini masih minim. Beliau mencontohkan dari jenjang pendidikan TK sudah ada 82 kepala sekolah yang mendaftar hanya 2 yang sudah selesai melakukan proses pendaftaran hingga tahap akhir. Sementara itu sisanya belum menyelesaikan tahan pendaftaran hingga akhir. “Sehingga itu menjadi perhatian serta tugas kami untuk mencari tahu permasalahan yang terjadi di lapangan,” tambahnya.

Setelah paparan materi, peserta dibagi menjadi kelompok kecil untuk berdiskusi dengan peserta lain dan dipandu oleh widyaprada dari BP PAUD dan Dikmas DIY. Peserta dibagi menjadi 10 kelompok kecil yang masing-masing dipandu oleh dua widyaprada BP PAUD dan Dikmas DIY.

Pewarta: Gita Kurnia Graha

Posted in Berita