Menu Close

Pembekalan Uji Kompetensi Pendidik PAUD

Yogyakarta (23/05/2019) BP PAUD DIKMAS DI Yogyakarta pada Rabu dan Kamis 22 dan 23 Mei mengadakan kegiatan bimbingan teknis pembekalan uji komptensi pendidik PAUD bertempat di Aula BP PAUD DIKMAS DI Yogyakarta. Kegiatan dibuka langsung oleh Drs. Eko Sumardi, M.Pd selaku Kepala Balai dengan didampingi Dr. Cipto Suncoko, M.Pd selaku Kepala Seksi PPSDM. Hadir juga Dwi Suwarniningsih, S.Pd. mewakili tim narasumber.

Bimtek yang memfokuskan pada pembekalan pendidik dalam menghadapi Uji Kompetensi ini diselenggarakan untuk merealisasikan masukan dari DPW HIMPAUDI DI Yogyakarta. Berdasarkan pengalaman uji kompetensi yang dilakukan sebelumnya pendidik PAUD merasa kurang siap dalam menghadapi uji kompetensi walaupun sudah memiliki banyak pengalaman. Sementara itu banyak pendidik PAUD yang terdaftar sebagai calon peserta uji kompetensi memerlukan pembekalan agar dapat mengikuti uji kompetensi dengan lancar.

Kegiatan bimtek ini diikuti oleh 200 orang peserta yang terbagi dua, yaitu tanggal 22 Mei sebanyak 100 peserta (70 orang dari kabupaten Sleman dan 30 orang dari kota Yogyakarta) dan 23 Mei 100 peserta (60 orang dari kabupaten Bantul dan 40 dari kota Yogyakarta).

Materi inti kegiatan Bimtek ini meliputi pembahasan materi ujian teori dan materi ujian praktek untuk kompetensi guru pendamping muda. Terdapat 12 kompetensi guru pendamping muda yaitu: memelihara kebersihan lingkungan anak, menjaga keamanan lingkungan anak, memandikan anak, memberi makan dan minum, melatih tolet training anak, menidurkan anak, membimbing anak bermain, mengidentifikasikan kebutuhan kesehatan anak, memelihara perlengkapan kebutuhan anak, melatih kemandirian anak untuk memenuhi kebutuhannya sendiri, melakukan pertolongan pertama pada anak dan melatih anak bernyanyi dengan ekspresi.

Pembekalan materi baik teori maupun praktek disampaikan oleh narasumber yang memiliki kompetensi sebagai penguji uji kompetensi di wilayah DI. Yogyakarta, yaitu Dwi Suwarniningsih, Asnan Iswadi, S.Pd.I dan Zamzani Ulwi Darojad, S.Pd.I.

Akhir kegiatan dilakukan review oleh bapak Dr. Cipto Suncoko, M.Pd selaku kasi PPSDM, sekaligus menutup kegiatan bimtek.

Pewarta: Marsono

Posted in Berita