Menu Close

Pembekalan Mitigasi Bencana dan Pertolongan Pertama Bagi Guru PAUD di Kecamatan Depok

Sleman (19/01/2019) HIMPAUDI Kecamatan Depok bekerjasama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Sleman menyelenggarakan kegiatan Pembekalan Mitigasi Bencana dan Pertolongan Pertama. Kegiatan berlangsung di Pendopo Kecamatan Depok. Tujuan diselenggarakannya kegiatan tersebut adalah untuk membekali keterampilan mitigasi bencana dan pertolongan pertama bagi guru PAUD di wilayah Kecamatan Depok.  Sasaran kegiatan ini meliputi 120 orang guru PAUD dari semua layanan (TK, KB, TPA dan SPS).

Acara dibuka oleh Ketua PMI Kabupaten Sleman, dr. Sunartono, M.Kes. Sunartono menyampaikan dalam isi sambutannya bahwa Daerah Istimewa Yogyakarta khususnya Kabupaten Sleman merupakan salah satu wilayah yang rawan bencana. Kegiatan mitigasi bencana perlu dilakukan sebagai salah satu upaya untuk memberikan edukasi pada masyarakat tentang cara menghadapi kondisi darurat. Lembaga PAUD merupakan tempat berkumpulnya guru dan anak usia dini dan menjadi bagian dari masyarakat yang perlu mendapat pengetahuan mengenai cara penanganan kondisi darurat.  Harapan dari kegiatan ini adalah mampu mengurangi resiko apabila terjadi bencana khususnya di Kecamatan Depok.

Materi yang disampaikan oleh narasumber dari PMI Kabupaten Sleman meliputi pengetahuan tentang serangkaian upaya yang dilakukan untuk mengurangi resiko bencana. Salah satu materinya adalah cara meningkatkan kemampuan dalam menghadapi ancaman bencana melalui prakterk pertolongan pertama. Guru-guru PAUD diajarkan bagaimana cara menangani berbagai macam luka, patah tulang hingga cara evakuasi yang benar untuk korban patang tulang. Pengalaman selama ini korban patah tulang sering bertambah parah kondisinya karena kesalahan penanganan saat di lokasi kejadian. Kesalahan penanganan  terjadi karena kepanikan dan minimnya pengetahuan yang dimiliki.

Camat Depok, Abu Bakar dalam sambutannya menyampaikan bahwa Pembekalan Mitigasi Bencana dan Pertolongan Pertama ini merupakan salah satu upaya yang dilakukan untuk membuat Depok menjadi kecamatan layak anak. Beliau menegaskan bahwa kegiatan ini dilakukan secara berkesinambungan agar guru semakin terampil dan terasah kemampuannya dalam menghadapi situasi darurat. Guru PAUD diharapkan menjadi pasukan khusus yang siap menangani anak-anak ketika nanti suatu hari nanti terjadi bencana.

Pewarta: Vivi Kusumastuti

Posted in Berita