Menu Close

Pembekalan Dirjen PAUD dan Dikmas pada Bimtek Penilik dan Pengawas

Pengarahan Dirjen PAUD dan Dikmas, Ir. Harris Iskandar, Ph.D., pada kegiatan bimtek penilik dan pengawas

Yogyakarta (05/07/2019) Direktur Jenderal PAUD dan Dikmas Kemendikbud, Ir. Harris Iskandar, Ph.D., berkesempatan hadir di tengah acara bimbingan teknis implementasi standar nasional pendidikan di BP PAUD dan Dikmas DIY. Kehadiran yang tidak dijadwalkan resmi pada tanggal 5 Juli 2019 tersebut membuat suasana bimtek semakin menarik karena peserta yaitu penilik dan pengawas berkesempatan mendengarkan langsung pengarahan dari Dirjen PAUD dan Dikmas.

Kepala BP PAUD dan Dikmas DIY, Eko Sumardi, M.Pd. dalam pengantarnya menyampaikan kegiatan bimbingan teknis ini diikuti oleh 97 orang yang terdiri dari 34 orang penilik PAUD dan 63 orang pengawas TK. “Padahal alokasi anggaran untuk 50 orang saja, dibuat untuk 97 orang karena semangat penilik dan pengawas dalam membimbing satuan pendidikan untuk memenuhi standar nasional pendidikan,” tambah Eko Sumardi.

Mengawali pengarahan Dirjen PAUD dan Dikmas, Ir. Harris Iskandar, Ph.D memberikan apresiasi kepada BP PAUD dan Dikmas DIY karena bisa mempercepat proses pembimbingan satuan PAUD yang mampu menambah sasaran dari pagu yang ada. “Saya akan sampaikan kepada daerah lain agar bisa mencontoh DIY (dalam mempercepat sasaran,” kata Harris Iskandar disambut tepuk tangan hadirin.

“Langkah UPT melakukan peningkatan kapasitas penilik dan pengawas (TK) merupakan langkah yang tepat, karena masih banyak satuan PAUD yang belum terakreditasi sehingga peran UPT sangat diharapkan dalam memberikan peningkatan kapasitas kepada penilik dan pengawas (TK),” lanjut Dirjen PAUD dan Dikmas yang pernah menjadi Direktur Pembinaan SMA ini. “Hal ini karena penilik dan pengawas itu adalah ahlinya ahli pendidik PAUD,” tambah Dirjen.

Pertemuan diakhiri dengan tanya jawab perwakilan penilik dan pengawas dengan Direktur Jenderal PAUD dan Dikmas terkait kebijakan pemenuhan standar nasional pendidikan satuan PAUD. [fauziep]

Pewarta: Fauzi Eko Pranyono

Posted in Berita