Menu Close

Pemaparan Hasil dan Tindak Lanjut Pemetaan Mutu Satuan PAUD dan Dikmas DIY Tahun 2020

Yogyakarta (13/10/2020) Balai Pengembangan Pendidikan Anak Usia Dini dan Pendidikan Masyarakat Daerah Istimewa Yogyakarta menyelenggarakan Kegiatan Pemaparan Hasil dan Tindak Lanjut Pemetaan Mutu Satuan PAUD dan Dikmas Tahun 2020. Kegiatan tersebut dilaksanakan pada hari Senin, 12 Oktober 2020, pukul 08.00-12.00 WIB di Ruang Pembelajar Lantai 2 BP PAUD dan Dikmas DIY, yang diikuti oleh 40 orang peserta tim verifikator yang berasal dari Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota di Daerah Istimewa Yogyakarta dan Pamong Belajar BP PAUD dan Dikmas DIY.

Rangkaian acara pemaparan hasil pemetaan mutu yaitu diawali dengan pembukaan, kemudian laporan kegiatan oleh ketua panitia Dr. Cipto Suncoko, M.Pd dan Sambutan serta pemaparan materi oleh Kepala BP PAUD dan Dikmas DIY Drs. Eko Sumardi, M.Pd, dan terakhir penutup yang kemudian dilanjutkan dengan sesi pemaparan hasil pemetaan mutu dari perwakilan lembaga dengan moderator Marsono, ST. M. Kes.

Dalam sambutan pembukaan Kepala BP PAUD dan Dikmas DIY, Drs. Eko Sumardi, M.Pd., mengatakan bahwa pemaparan hasil ini merupakan salah satu tahap dari serangkaian tahapan dalam pemetaan mutu satuan PAUD dan Dikmas. Kegiatan ini dilakukan untuk membina dan membimbing satuan pendidikan dalam memetakan pemenuhan delapan standar nasional pendidikan pada satuan pendidikan nonformal. Standar pendidikan nasional tersebut yaitu standar pendidikan PAUD dan standar pendidikan masyarakat. Standar pendidikan PAUD meliputi standar tingkat pencapaian perkembangan anak, standar isi, standar proses, standar PTK, standar sarana prasarana, standar pengelolaan, standar pembiayaan, dan standar penilaian. Sedangkan standar pendidikan masyarakat meliputi standar kompetensi lulusan, standar isi, standar proses, standar PTK, standar sarana prasarana, standar pengelolaan, standar pembiayaan, dan standar penilaian.

Pemetaan mutu kali ini berbeda dengan pemetaaan mutu pada tahun-tahun sebelumnya, dikarenakan pemetaan mutu pada tahun ini dilakukan secara mandiri dan berbeda dari format yang biasanya. Kegiatan pemetaan mutu tahun ini dari segi waktu maupun pelaksanaan justru jauh lebih efektif. Tujuan dari pemetaan mutu ini adalah untuk penjaringan data dan informasi tentang ketercapaian dan ketidaktercapaian indikator-indikator SNP serta permasalahan-permasalahan yang dihadapi oleh satuan PAUD dan Dikmas. Jumlah sasaran lembaga dalam pemetaan mutu pendidikan ini ada sejumlah 500 lembaga yang terdiri dari 483 PAUD dan 17 PKBM yang tersebar diseluruh Daerah Istimewa Yogyakarta.

“Hasil dari pemetaan ini kemudian akan dianalisis untuk ditindaklanjuti dalam melakukan kegiatan supervisi pada satuan pendidikan PAUD dan Dikmas”, tambah Eko Sumardi.

Kegiatan pemaparan hasil dan tindak lanjut pemetaan mutu satuan PAUD dan Dikmas DIY tahun 2020 diawali dengan pemaparan hasil dari narasumber tim inti pemetaan mutu BP PAUD dan Dikmas DIY yaitu Drs. Mahmudin, MM menyajikan hasil pemetaan mutu Kabupaten Sleman, Marsono,ST. M. Kes menyajikan hasil pemetaan mutu Kabupaten Gunung Kidul, Drs. Fauzi Eko Pranyono menyajikan hasil pemetaan mutu Kabupaten Bantul, Indri Purwanto, SH. menyajikan hasil pemetaan mutu Kota Yogyakarta, dan Basri Hananta, M.Pd. menyajikan hasil pemetaan mutu Kabupaten Kulon Progo. Kegiatan hasil pemetaan mutu ini kemudian akan dilanjutkan dengan kegiatan orientasi teknis (ORTEK) yang akan dilaksanakan minggu depan secara daring melalui zoom cloud meeting oleh 50 orang peserta dengan topik orientasi teknis kegiatan supervisi.

Pewarta: Khusnul Nuun

Posted in Berita