Menu Close

Pelibatan Keluarga Membentuk Peserta Didik Berkarakter dan Berbudaya Prestasi

Yogyakarta (20/06/2019) Balai Pengembangan Pendidikan Anak Usia dini dan Pendidikan Masyarakat mengadakan Bimbingan Teknis Peningkatan Pelibatan Keluarga pada Satuan Pendidikan pada 19 s.d. 21 Juni 2019 yang diselenggarakan di kantor BP PAUD dan Dikmas DIY. 

Bimbingan teknis tersebut dimaksudkan untuk meningkatkan pengetahuan, keterampilan, dan sikap proaktif orang tua melalui kemitraan dengan sekolah menuju siswa berkarakter dan berbudaya prestasi. Bimtek diikuti 50 orang yang terdiri berbagai unsur Dinas Pendidikan (Pokja Pendidikan Keluarga, SKB, Pengurus paguyuban orang tua) dari tingkat PAUD sampai SMA/K dari lima kabupaten se D.I Yogyakarta.

“Balai Pengembangan PAUD dan Dikmas Daerah Istimewa Yogyakarta berkomitmen mengawal pelaksanaan peraturan beserta petunjuk teknisnya. Langkah ini dimaksudkan untuk memastikan kebijakan tersebut bisa berjalan dengan baik sesuai keadaan setempat. Bimtek ini diharapkan membantu para orang tua siswa lebih mengenali konsep, prinsip, tujuan dan bentuk-bentuk pelibatan keluarga pada satuan pendidikan yang merupakan bagian lebih utuh dari konsep pelibatan keluarga pada penyelenggara pendidikan sehingga dapat mewujudkan berlangsungnya pola asuh tripusat pendidikan serta nyata secara sistematik,” kata Drs. Fauzi Eko Pranyono dalam sambutannya mewakili kepala Balai.

Dalam bimtek ini difokuskan pada empat kegiatan prioritas bentuk keterlibatan keluarga pada satuan pendidikan yang diwajibkan (1) menghadiri pertemuan yang diselenggarakan oleh satuan pendidikan, (2) mengikuti kelas orang tua, (3) menjadi narasumber dalam kegiatan di satuan pendidikan, dan (4) berperan aktif dalam kegiatan pentas kelas akhir tahun pembelajaran.

Setelah mengikuti bimtek pelibatan keluarga pada satuan pendidikan, orang tua dapat mengambil peran secara proporsional sehingga terbentuk siswa yang berbudaya prestasi.

Pewarta: Rosianadewi Dinaryanti

Posted in Berita