Menu Close

Pelatihan Pertolongan Pertama dan Mitigasi Bencana Bagi Pengelola PAUD di Kecamatan Depok

Peserta Pelatihan Pertolongan Pertama dan Mitigasi Bencana

Sleman (21/10/2019) Pada hari Senin, 21 Oktober 2019 Kecamatan Depok Kabupaten Sleman bekerjasama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Sleman dan Forum PAUD menyelenggarakan Pelatihan Pertolongan Pertama dan Mitigasi Bencana. Kegiatan ini berlangsung di Pendopo Kecamatan Depok. Tujuan diselenggarakannya kegiatan tersebut adalah untuk membekali keterampilan mitigasi bencana dan pertolongan pertama bagi pengelola PAUD.  Sasaran kegiatan ini meliputi 60 orang pengelola di wilayah Kecamatan Depok. Sebelum acara dibuka secara resmi, terlebih dahulu peserta melakukan Senam Kesegaran Jasmani (SKJ) bersama-sama.

Acara dibuka oleh Kepala Seksi Kesejahteraan Masyarakat (Kasi Kesmas) Kecamatan Depok Kabupaten Sleman. Dalam sambutannya, Kasi Kesmas menyampaikan bahwa Kecamatan Depok merupakan kecamatan ramah anak.  Salah satu upaya mewujudkan ramah anak adalah dengan memastikan anak dalam perlindungan yang aman. Untuk itu, Pemerintah Kecamatan Depok memfasilitasi Pengelola PAUD melalui kegiatan pelatihan mengenai pertolongan pertama dan mitigasi bencana. Bekal pengetahuan ini diharapkan bermanfaat untuk menangani keadaan darurat yang sewaktu-waktu dapat terjadi.

Praktek pertolongan pertama dalam menghadapi ancaman bencana

Narasumber dari PMI Kabupaten Sleman memberikan materi tentang upaya yang dilakukan untuk mengurangi resiko bencana. Melalui pelatihan ini peserta mendapatkan bekal untuk meningkatkan kemampuan dalam menghadapi ancaman bencana. Kemampuan tersebut dilakukan dalam bentuk praktek pertolongan pertama. Pengelola PAUD diajarkan bagaimana cara menangani berbagai macam luka, patah tulang hingga cara evakuasi yang benar untuk korban patah tulang. Pengalaman selama ini korban patah tulang sering bertambah parah kondisinya karena kesalahan penanganan saat di lokasi kejadian. Kesalahan tersebut disebabkan  karena kepanikan dan minimnya pengetahuan yang dimiliki.

Pasca mengikuti pelatihan, Pengelola PAUD akan mengimbaskan pengetahuan tersebut ke masing-masing satuan pendidikan. Pengelola dan pendidik dapat melakukan simulasi bersama peserta didik dan warga sekolah yang lain. Kombinasi antara pengetahuan dan simulasi secara rutin akan menjadi sebuah keunggulan satuan pendidikan dalam hal mitigasi bencana.

Pewarta: Vivi Kusumastuti

Posted in Berita