Menu Close

Pelaksanaan Gerakan Edukasi Makan Ikan untuk Mencegah Stunting Serentak se-Indonesia di Kabupaten Sleman

Sleman (21/11/2019) Kementerian Kelautan dan Perikanan bersama dengan Pengurus Pusat HIMPAUDI mencanangkan Gerakan Edukasi “Makan Ikan Cegah Stunting” di satuan PAUD. Kegiatan ini dilakukan serentak se-Indonesia pada hari Kamis, 21 November 2019. Kabupaten Sleman ikut berpartisipasi dan memberikan dukungan penuh pada pelaksanaan gerakan tersebut. Acara dimulai pukul 08.00 yang diawali dengan senam bersama di masing-masing satuan pendidikan. Selesai senam bersama, anak-anak dibacakan buku cerita tentang manfaat makan ikan oleh pendidik. Rangkaian kegiatan selanjutnya bervariasi antara satuan pendidikan yang satu dengan yang lainnya. Beberapa kegiatan diantaranya mengajak anak melihat kolam ikan, memutarkan video tentang daur hidup dan pengetahuan seputar ikan, membuat hasil karya tentang ikan, sampai memasak menu ikan bersama pendidik maupun orang tua.

Mengutip pernyataan Ketua PP HIMPAUDI, Prof. Netty Herawati bahwa PP HIMPAUDI memberikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada seluruh Pengurus Wilayah, Pengurus Daerah, Pengurus Cabang yang telah menggerakkan sampai ke satuan pendidikan dalam rangka menyukseskan gerakan edukasi makan ikan untuk mencegah stunting.

Acara puncak dari seluruh rangkaian kegiatan ini yaitu makan siang dengan menu serba ikan. Anak-anak menikmati aneka hidangan hasil olahan serba ikan yang dibawa dari rumah untuk dinikmati bersama dan berbagi dengan yang lainnya. Berbagai olahan ikan dengan cara digoreng, dipepes, fillet, bakar maupun divariasikan dengan bahan lain menjadi santapan siang yang menggugah selera. Beberapa bahkan makan bersama beralaskan daun pisang. Kegiatan diakhiri dengan recalling seputar aktivitas yang sudah dilakukan selama 1 hari.

Program ini gencar dilakukan KKP dengan mengajak segenap elemen masyarakat sebagai wujud dukungan program nasional untuk mencegah stunting. Harapannya melalui gerakan tersebut anak terbiasa makan ikan yang kaya dengan gizi sejak usia dini. Pembiasaan ini nantinya akan memberikan dukungan agar mereka dapat tumbuh dan berkembang secara optimal.

Pewarta: Vivi Kusumastuti

Posted in Berita