Menu Close

PAUD dan Dikmas Meriahkan Pekan Pendidikan Jogja 2019

Yogyakarta (04/05/2019) UPT Balai Pengembangan PAUD dan Dikmas DIY berpartisipasi menyemarakkan Pekan Pendidikan Jogja 2019 yang digelar bersama 11 UPT Kemendikbud yang berada di Daerah Yogyakarta. Pekan Pendidikan Jogja 2019 dipusatkan di Benteng Vredeburg Yogyakarta. BP PAUD dan Dikmas menyelenggarakan lima jenis kegiatan selama Pekan Pendidikan Jogja 2019.

Peringatan Hardiknas 2019 mengusung tema “Menguatkan Pendidikan, Memajukan Kebudayaan”. Selain diprakarsai 11 UPT Kemendikbud yang ada di DIY, Pekan Pendidikan Jogja 2019 juga didukung oleh Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Provinsi DIY serta Disdikpora kabupaten dan kota di DIY. Adapun 11 UPT yang bekerja Bersama dalam menyukseskan Pekan Pendidikan Jogja ini adalah: (1) PPPPTK Matematika, sebagai koordinator UPT; (2) PPPPTK Seni dan Budaya; (3) LPMP DIY; (4) Museum Benteng Vredeburg; (5) Balai Bahasa; (6) Balai Pengembangan Media Radio Pendidikan dan Kebudayaan; (7) Balai Pelestarian Cagar Budaya; (8) Balai Arkeologi; (9) Balai Pelestarian Nilai Budaya; (10) BP-PAUD dan DIKMAS; dan (11) SEAMEO QITEP in Mathematics.

Pekan Pendidikan Jogja dibuka oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Mendikbud) Prof. Dr. Muhajir Effendy MAP., pada hari Rabu tanggal 1 Mei pukul 16.00 WIB di halaman Benteng Vredeburg. Pembukaan dihadiri oleh perwakilan dari setiap elemen pendidikan yang berada di Provinsi DIY dan dimeriahkan dengan parade Marching Band SD dan PAUD, pentas gamelan, membatik massal 200 meter yang dilakukan oleh siswa SD dan SMP serta beberapa unjuk karya seni oleh para pelajar di Provinsi DIY.

Selama Pekan Pendidikan Jogja 2019 BP PAUD dan Dikmas DIY menyelenggarakan tiga jenis kegiatan yang melibatkan 600 anak usia dini se-DIY,  workshop pembelajaran kursus digital, dan pameran. Tigas jenis kegiatan yang melibatkan anak usia dini adalah dolanan anak (200 anak), mewarnai (200 anak) dan mendongeng (200 anak). Kegiatan tersebut dilaksanakan di beberapa titik di dalam Benteng Vredeburg Yogyakarta. Kegiatan mewarnai, dolanan dan mendongeng sukses diselenggarakan dengan melibatkan HIMPAUDI, IGTKI dan PPMI (Persaudaraan Pendongeng Muslim Indonesia) serta berbagai pihak terkait. Sedangkan kegaitan dikmas berupa workshop pembelajaran kursus digital dan workshop chef di pameran bekerja sama dengan Jogja Culiner School dan Gradasi.

Pewarta: Fauzi Eko Pranyono

Posted in Berita